Repository Universitas Andalas

IMPLEMENTASI PERLINDUNGANHUKUMTERHADAP PENDUDUKSIPIL PADA KONFLIK LIBYA TAHUN 2011 DITINJAU DARI KONVENSI JENEWA IV 1949

Wijaya, Bramiko (2014) IMPLEMENTASI PERLINDUNGANHUKUMTERHADAP PENDUDUKSIPIL PADA KONFLIK LIBYA TAHUN 2011 DITINJAU DARI KONVENSI JENEWA IV 1949. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (217Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (318Kb) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI PERLINDUNGANHUKUMTERHADAP PENDUDUKSIPIL PADA KONFLIK LIBYA TAHUN 2011 DITINJAU DARI KONVENSI JENEWA IV 1949 (BRAMIKOWIJAYA, 07140125, Fakultas HukumUniversitas Andalas 74 hal, 2014) ABSTRAK Perang sipil Libya Tahun 2011 adalah konflik yang merupakan bagian dari musim semi, diawali oleh unjuk rasa di Benghazi pada 15 Februari 2011, untuk menuntut mundur pemimpin Libya, Moammar Khadafi yang sudah lama berkuasa. Akibat tindakan represif pemerintah dalam mengatasi pemrotes, protes ini mengalami eskalasi menjadi sebuah pemberontakan dan perang saudara antara pasukan oposisi dan pemerintah. Konflik bersenjata ini akan menimbulkan dampak, salah satunya korban jiwa baik kombatan maupun civilian. Konvensi jenewa IV 1949 berisi ketentuan perlindungan hokum terhadap penduduk sipil beserta penerapannya selama perang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bentuk-bentuk perlindungan hokum terhadap penduduk sipil dan juga bentuk implementasinya menurut Konvensi Jenewa IV Tahun 1949. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian normative dengan melakukan studi kepustakaan, yaitu segala usaha yang dilakukan untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topic atau masalah yang diteliti. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis berupa gambaran tentang suatu keadaan dan memberikan data mengenai keadaan tersebut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa perlindungan hokum atas penduduk sipil dapat diberikan jika warga Negara peserta konvensi dan berada ditangan asing. Implementasi atau penerapannya dilakukan dengan turut campurnya dunia internasional, dalam hal ini PBB untuk mengambil langkah-langkah guna mengurangi korban dari penduduk sipil. Turut campurnya PBB ini berujung dengan tewasnya sang pemimpin Libya, yakni Moammar Khadafi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 21 Jan 2015 03:52
Last Modified: 21 Jan 2015 03:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21635

Actions (login required)

View Item View Item