HANDAYANI, FITRI
(2014)
A STUDY OF PRESUPPOSITION AS FOUND IN TAGLINE OF
FANTASY MOVIE SERIES POSTERS.
Other thesis, andalas university.
Abstract
ABSTRAK
Dalam skripsi ini, penulis mengkaji presupposition dan tipe-tipe dari kalimat
presupposition yang terdapat pada tagline poster-poster film seri fantasi: Harry
Potter, Twilight, The Chronicles of Narnia dan mengetahui makna tagline itu
sendiri. Presupposition adalah asumsi untuk memaknai suatu pernyataan atau
ungkapan yang tersirat. Data diambil dari poster film seri fantasi yang diunggah
dari internet. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan teori tipe-tipe presupposition
yang dikemukakan oleh George Yule (1996) dan teori pragmatic presupposition
oleh Stalnaker pada Gazdar (1979). Dari hasil analisis, 16 tagline
ditemukan 5 dari 6 tipe presupposition yang dikemukakan Yule (1996) yaitu (1)
Existential Presupposition, (2) Lexical Presupposition, (3) Structural Presupposition,
(4) Factive Presupposition, dan (5) Non-factive Presupposition.
Presupposition yang paling banyak muncul adalah tipe Existential, tipe ini
mendeskripsikan gambaran film pada tagline untuk memberikan informasi kepada
penonton. Selanjutnya, dengan mengaplikasikan pendekatan pragmatic
presupposition, penonton harus memiliki pengetahuan konteks untuk
mendapatkan makna tagline sehingga menarik penonton untuk menonton film.
Kata kunci: Presupposition, Makna, Pragmatic Presupposition, Tagline
Actions (login required)
|
View Item |