Repository Universitas Andalas

A STUDY OF PRESUPPOSITION AS FOUND IN TAGLINE OF FANTASY MOVIE SERIES POSTERS

HANDAYANI, FITRI (2014) A STUDY OF PRESUPPOSITION AS FOUND IN TAGLINE OF FANTASY MOVIE SERIES POSTERS. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (668Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (319Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam skripsi ini, penulis mengkaji presupposition dan tipe-tipe dari kalimat presupposition yang terdapat pada tagline poster-poster film seri fantasi: Harry Potter, Twilight, The Chronicles of Narnia dan mengetahui makna tagline itu sendiri. Presupposition adalah asumsi untuk memaknai suatu pernyataan atau ungkapan yang tersirat. Data diambil dari poster film seri fantasi yang diunggah dari internet. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan teori tipe-tipe presupposition yang dikemukakan oleh George Yule (1996) dan teori pragmatic presupposition oleh Stalnaker pada Gazdar (1979). Dari hasil analisis, 16 tagline ditemukan 5 dari 6 tipe presupposition yang dikemukakan Yule (1996) yaitu (1) Existential Presupposition, (2) Lexical Presupposition, (3) Structural Presupposition, (4) Factive Presupposition, dan (5) Non-factive Presupposition. Presupposition yang paling banyak muncul adalah tipe Existential, tipe ini mendeskripsikan gambaran film pada tagline untuk memberikan informasi kepada penonton. Selanjutnya, dengan mengaplikasikan pendekatan pragmatic presupposition, penonton harus memiliki pengetahuan konteks untuk mendapatkan makna tagline sehingga menarik penonton untuk menonton film. Kata kunci: Presupposition, Makna, Pragmatic Presupposition, Tagline

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 28 Jan 2015 03:31
Last Modified: 28 Jan 2015 03:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21636

Actions (login required)

View Item View Item