PUTRA, ALFIKO WIRFA
(2014)
STUDI HEADWAY DAN KECEPATAN LALU LINTAS
KENDARAAN BERIRINGAN (PLATOON)
Studi Kasus : Ruas Jalan Khatib Sulaiman - Kota Padang.
Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.
Abstract
ABSTRAK
Kota Padang merupakan ibukota dari Propinsi Sumatera Barat
yang tingkat pergerakan lalu lintas setiap harinya terbilang tinggi
karena terdapat berbagai macam potensi daerah yang dapat
mempengaruhi tingkat mobilitas dari warga kota. Sehingga
dilakukanlah penelitian time headway, kecepatan terhadap
kendaraan saat platoon. Time Headway adalah selisih waktu antar
kendaraan, Time headway dihitung mulai bumber depan kendaraan
sampai bumber depan kendaraan selanjutnya. Kecepatan adalah
perbandingan antara jarak yang ditempuh dengan waktu yang
diperlukan untuk menempuh jarak tersebut. Time headway dan
kecepatan yang diamati yaitu pada kendaraan beriringan (platoon).
Penelitian dilakukan selama 2 hari pada hari kerja tanggal 24-02-
2014 dan hari libur 1-03-2014. Dari data yang diperoleh dilakukan
analisis yang hasilnya diketahui bahwa besar time headway ratarata
hari kerja sebesar 1,76 detik, dan hari libur sebesar 1,71 detik.
Besar kecepatan rata-rata hari kerja sebesar 47,95 km/jam, dan
hari libur sebesar 49,35 km/jam. Time headway antar kendaraan
bervariasi, disebabkan kecepatan kendaraan yang tidak konstan.
Maka time headway dipengaruhi oleh kecepatan kendaraan itu
sendiri dan kendaraan didepannya.
Kata kunci: Time Headway, Kecepatan dan Platoon
STUDI HEADWAY DAN KECEPATAN LALU LINTAS
Actions (login required)
|
View Item |