Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA DALAM KAITANNYA DENGAN PERJANJIAN MURABAHAH PADA KANTOR PT. BANK MEGA SYARIAH CABANG BANDAR BUAT

AZWARI, EVI (2014) PELAKSANAAN PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA DALAM KAITANNYA DENGAN PERJANJIAN MURABAHAH PADA KANTOR PT. BANK MEGA SYARIAH CABANG BANDAR BUAT. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (52Kb) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA DALAM KAITANNYA DENGAN PERJANJIAN MURABAHAH PADA KANTOR PT. BANK MEGA SYARIAH CABANG BANDAR BUAT ABSTRAK Pihak bank dalam memberikan kredit atau meminjamkan modal tentunya mensyaratkan adanya jaminan bagi pemberian kredit tersebut sebagai pengamanan dan kepastian akan kredit yang diberikan tersebut, karena tanpa adanya pengamanan bank akan sulit menghindari resiko yang terjadi sebagai akibat dari kreditur yang wanprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada di bidang Hukum Jaminan khususnya mengenai pelaksanaan perjanjian Kredit yang diikat dengan Jaminan Fidusia PT. Bank Mega Syariah Kantor Cabang Bandar Buat dan penyelesaian kredit apabila debitur wanprestasi pada PT. Bank Mega Syariah Kantor Cabang Bandar Buat. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Mega Syariah Kantor Cabang Bandar Buat dengan subyek penelitian meliputi Financing Analyst Supervisor PT. Bank Mega Syariah Distrik Padang 1 (FAS), Field Collection PT. Bank Mega Syariah Distrik Padang 1, dan Notaris yang menjadi rekanan PT. Bank Mega Syariah Kantor Cabang Bandar Buat. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis Empiris, yaitu penelitian hukum dengan cara pendekatan fakta yang ada dengan jalan mengadakan penelitian dilapangan kemudian dikaji dan ditelaah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang terkait sebagai acuan untuk memecahkan masalah. Data yang dipergunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan dengan menggunakan kuisioner dan wawancara, serta data sekunder yang berupa studi kepustakaan. Analisa data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang penarikan kesimpulannya secara deduktif. Hasil penelitian yang diperoleh : 1) Dalam pelaksanaan kredit yang diikat dengan jaminan fidusia, pihak PT. Bank Mega Syariah Kantor Cabang Bandar Buat membuat akta secara notariil namun tidak di daftarkan pada kantor pendaftaran fidusia. 2) Dalam menyelesaikan penyelesaian kredit jika debitur wanprestasi maka pihak bank berdasarkan surat kuasa substitusi dari debitur akta fidusia yang dibuat notaris yang sebelumnya tidak didaftarkan pada Kantor Pendaftaran Fidusia selanjutnya didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Fidusia melalui notaris rekanan. Penyelesaian dengan cara penjualan di bawah tangan di dalam penyelesaian sengketa atau eksekusi objek jaminan fidusia terhadap debitur wanprestasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Pascasarjana > Strata 2 > Hukum
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:57
Last Modified: 29 Jan 2015 00:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22045

Actions (login required)

View Item View Item