Repository Universitas Andalas

Pengolahan Darah Melalui Fermentasi Dengan Bacillus amyloliquefaciens Untuk Memperoleh Keseimbangan Asam Amino Sebagai Pakan Fungsional Unggas

Rahmad Fani Ramadhan, Rahmad Fani Ramadhan and Prof. Dr. Ir. Wizna, Ms, Prof. Dr. Ir. Wizna, Ms and Prof. Dr. Ir. Yetti Marlida, Ms, Prof. Dr. Ir. Yetti Marlida, Ms and Prof. Dr. Ir. Mirzah, MS, Prof. Dr. Ir. Mirzah, MS (2017) Pengolahan Darah Melalui Fermentasi Dengan Bacillus amyloliquefaciens Untuk Memperoleh Keseimbangan Asam Amino Sebagai Pakan Fungsional Unggas. PhD thesis, Universitas Andalas.

[img] HTML
Download (99Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyeimbangkan asam amino dari campuran darah sapi dan limbah pertanian sebagai pakan ternak fungsional. Darah sapi dan limbah pertanian diperoleh dari rumah potong hewan dan pasar tradisional. Penelitian dibagi menjadi 4 tahap. Tahap pertama adalah untuk mencari perbandingan campuran terbaik (0.8:1; 1:1; 1.2:1) antara darah sapi dan limbah industri pertanian (ampas kelapa, bungkil inti sawit dan bungkil kelapa), waktu fermentasi (24, 72 dan 120 jam) yang difermentasi oleh Bacillus amyloliquefaciens. Tahap kedua adalah untuk mencari dosis inokulum terbaik (5, 7, dan 9%) dan metode fermentasi (menggunakan proses sterilisasi dan tidak menggunakan proses sterilisasi) dari Produk fermentasi terbaik pada tahap 1. Tahap ketiga adalah untuk mendapatkan induser terbaik (pepton dan susu skim) untuk memperbaiki keseimbangan asam amino leusin dan isoleusin dalam produk fermentasi tahap 2. Tahap keempat adalah untuk uji biologis hasil fermentasi terbaik di Tahap 3 sebagai pengganti tepung ikan dan bungkil kedelai, dimana tepung darah sebagai pengganti tepung ikan dan bungkil kedelai sebesar 0, 5, 10, 15, dan 20% dalam ransum broiler. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa fermentasi campuran darah sapi (300 ml) dan ampas kelapa menggunakan Bacilllus amiloliquefaciens 9% yang difermentasi selama 120 jam dengan pepton 2% sebagai induser dapat digunakan 10% pada ransum broiler, atau dapat menggantikan tepung ikan sebesar 47% dan bungkil kedelai sebesar 53% pada pakan broiler. Kata kunci: darah sapi, limbah pertanian pertanian, fermentasi, broiler.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Pascasarjana > Doktor > Ilmu Pertanian
Depositing User: nurmala eka eka nurmala
Date Deposited: 20 Dec 2017 04:35
Last Modified: 20 Dec 2017 04:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/24253

Actions (login required)

View Item View Item