Repository Universitas Andalas

Metafora Antropomorfik pada Pergeseran Makna: Sebuah Kajian Semiologi Riffaterre dari Puisi Belajar Membaca oleh Sutardji Calzoum Bachri

Amiruddin, Andy Metafora Antropomorfik pada Pergeseran Makna: Sebuah Kajian Semiologi Riffaterre dari Puisi Belajar Membaca oleh Sutardji Calzoum Bachri. -, - (-). ISSN - (Unpublished)

[img] Microsoft Word
Download (134Kb)
Official URL: http://-

Abstract

Pada puisi Belajar Membaca oleh Sutardji Calzoum Bachri, terdapat pergeseran makna yang terjadi apabila suatu tanda mengalami perubahan dari satu arti ke arti yang lain, ketika suatu kata mewakili kata yang lain. Umumnya, penyebab terjadinya pergeseran makna adalah penggunaan bahasa kiasan, seperti metafora. Pada puisi Belajar Membaca, terdapat penyimpangan makna kata kaki yang memiliki makna yang lain. Makna dari kaki ini dapat dipahami dari majas metafora, atau lebih tepatnya lagi metafora yang bercitra antropomorfik. Para pemakai bahasa ingin membandingkan kemiripan pengalaman dengan apa yang terdapat pada dirinya atau tubuh mereka sendiri, dalam hal ini kaki. Makna dari kata kaki ini akan dijelaskan pada akhir pembacaan heuristik dan hermeneutik; Matriks, Model, dan Varian; dan juga hipogram.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Unit atau Lembaga: Pascasarjana > Doktor
Depositing User: Mr Andy Amiruddin
Date Deposited: 31 May 2018 06:27
Last Modified: 31 May 2018 06:27
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/24259

Actions (login required)

View Item View Item