Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PERDA KOTA PADANG NO. 6 TAHUN 2003 TENTANG PANDAI BACA TULIS AL-QUR'AN BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus Penerapan Perda di Kelurahan Gunung Sarik, Kec. Kuranji-Padang)

Mustakim, Mustakim (2008) PELAKSANAAN PERDA KOTA PADANG NO. 6 TAHUN 2003 TENTANG PANDAI BACA TULIS AL-QUR'AN BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus Penerapan Perda di Kelurahan Gunung Sarik, Kec. Kuranji-Padang). Other thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img] PDF (PELAKSANAAN PERDA KOTA PADANG NO. 6 TAHUN 2003 TENTANG PANDAI BACA TULIS AL-QUR'AN BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus Penerapan Perda di Kelurahan Gunung Sarik, Kec. Kuranji-Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (492Kb)

Abstract

Pendidikan Al-Qur'an bukanlah hal baru bagi masyarakat Kota Padang, bahkan sudah dikenal sejak tahun 1900an. Eksistensi pendidikan Al-Qu'an menguat dengan keluarnya KepMenAg No. 128 dan No. 44A tahun 1982, yang kemudian disusul Perda No. 6 tahun 2003 tentang Pandai Baca Tulis Al-Qur'an Bagi Peserta Didik SD dan MI. Perda ini bertujuan mewujudkan peserta didik SD dan MI yang mampu membaca dan menulis Al-Qur'an dengan baik dan benar, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada realitanya, setelah beberapa tahun berjalan, kondisi pendidikan baca-tulis Al-Qur'an di TPA dan MDA belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Masih banyak peserta didik yang belum pandai baca-tulis Al-Qur'an setelah beberapa waktu belajar. Penelitian ini membahas bagaimana usaha Pemerintah Daerah, Lembaga Pendidikan Al-Qur'an dan masyarakat Kota Padang dalam implementasi Perda No 06 tahun 2003 tentang Pandai Baca Tulis Al-Qur'an Bagi Peserta Didik SD dan MI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-studi kasus. Kelurahan Gunung Sarik diambil sebagai studi kasus karena karakteristik daerah termasuk daerah miskin sehingga diasumsikan berpengaruh terhadap proses pendidikan. Untuk kebutuhan analisis, digunakan kerangka teori Implementasi Kebijakan Publik dan Partisipasi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 15 Nov 2010 03:25
Last Modified: 15 Nov 2010 03:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/5532

Actions (login required)

View Item View Item