Repository Universitas Andalas

WANPRESTASI DALAM PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING LISTRIK PADA PT PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA BARAT CABANG SOLOK

Rosi, Rosi (2010) WANPRESTASI DALAM PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING LISTRIK PADA PT PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA BARAT CABANG SOLOK. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img] PDF (WANPRESTASI DALAM PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING LISTRIK PADA PT PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA BARAT CABANG SOLOK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (559Kb)

Abstract

PT PLN (persero) merupakan salah satu Badan Usaha fvtilik Negara (BUIr4N) yang tergeruk dibidang kelistrikan.Dimana dibentuk berdasarkan Peraturan Pernerintah No.23 tahun 1994, -vang berkeri,aiiban untuk rnernberikan pelayanan kepada masyarakat banyak terutama kepada para pelanggan. Salah satu bentuk pelayanan -uung dib"tikan oleh PT PLN (.Persero; adalah dalam pemungutan pembayaran iugiiun rekening listrik, namun tidak dapat dipungkiri dewasa ini rnasih saja ada bJerapa pelanggan yang tidak membayar tagihan listrik tepat pada waktunya (wanprestasi) sehingga dapat merugikan para pihak. Untuk mengetahui-lebih laniut rnengenai wanprestasi yang tertadi didalarn pembayaran rekening listrik. Maka perlu diajukan beberapa pelrnasalahan -vang berhubungan dengan wanprestasi. antara lain faktor-faktor apa yang rnenyebabkan terjadinya wanprestasi dalam pernbayaran tagihan rekening listrik, serta upaya untuk mencegah wanprestasi. Akibat teqadinya lvanprestasi dalarn pembayaran tagihan rekening listrik. Keringanan apa saja yang diberikan oleh PT PLN (Persero) terhadap pelanggan yang rnelakukan rvanprestasi, dan bagaimana cara penvelesaian akibat'ketalaian petugas dalam hal pencatatan stand kWh meter sehingga merugikan pihak Pelanggan. Untuk membahas masalah diatas diperlukan pendekatan masalah yakni yuridis sosiologis. untuk memperoleh data dilakukan penelitian pada PT PLN {Persero) Wilayah Sumbar Cabang Solok. Metode pengurnpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan wawancara serta analisis data bersifat kwalitatif. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi adalah pelanggan tidak melakukan pembayaran tagihan rekening listrik tepat pada waktunya dan kurangnya pelayanan yang diberikan oleh pihak PLN kepada pelanggan. Akibat dari teriadinya wanprestasi yaitu pembayaran denda, pemutusan sementara dan pemutusan rampung. Sedangkan keringanan yang diberikan oleh pihak PLN yakni : keringanan dalam prosedur pembayaran tunggakan tagihan rekening listrik dan keringanan dalam pemutusan aliran listrik. Daniara penvelesaian akrbat kelalaian petugas dalarn hal pencatatan stand kWh meter sehingga merugikan pihak pelanggan yakni dengan cara pihak pelanggan yang merasa dirugikan dapat melaporkan rnelalui pengaduan rekening listrik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 25 Nov 2010 06:19
Last Modified: 22 Sep 2011 08:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6030

Actions (login required)

View Item View Item