DWI NURUL ISTIQLAH, DWI NURUL ISTIQLAH (2007) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KERUGIAN YANG DIDERITA KONSUMEN YANG MIINGKONSUMSI MAKANAN YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT KESEHATAN DI KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.
PDF (TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KERUGIAN YANG DIDERITA KONSUMEN YANG MIINGKONSUMSI MAKANAN YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT KESEHATAN DI KOTA PADANG)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (508Kb) |
Abstract
Masalah kesehatan di masa sekarang aclalah masalah yang paling utama yang dihadapi oleh mamrsia. Kesehatan dan kehidupan menlpakan ftrktor )/ang seialan yang tidak dapat dipisahkan. Melihat pentingnnya kes..hatan bagi manusia, maka diperlukan cara untuk memberikan perlindungan terhadap kesehatan itu sendiri. I-iarus diingat, bahwa kesehatan tersebut akan menjadi sangat mahal hargzrnya tatkala kita nrengobati penyakit yang kita derita. Dalam penulisan skripsi ini yang meniadi perLrmLrsall masalah adalal-r bagaimana tanggr-rng jawab pclaku usaha terhadap makanan yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dikonsumsi oleh konsumen, bagaimana peran dan pengawasan BBPOM di dalarn penyebararr makanan di kota Padang, dan bagaimana upaya hukum yang dapat dilakukan olch konsurncn yang dirr:gikan olch pelaku usaha. Ilerclasarl<art pemrasalahan dialas, Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan rnetode penclekatan yuridis sosiologis. f)ata yang dipetlukan trerupa data primer, data sekunder, data tersier. Alat pengumpulan data yang digunakan studi dokumen dan wawancara. Dalarn pengolahan data yang digunakan editing dan dalam menganalisis digunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan diperoleh kesirnpulan bahwa, tanggung jawab pelaku usaha terhadap makanan yang tidak rnemenuhi syarat kesehatarr adalah berupa ganti rugi atas kerugian konsumen akibat mengkonsumsi makanan, ganti rugi dapat berupa ganti kerugian atau perawatan kesehatan darVatau pemberian santunan. Pernberian ganti rugi dilaksanakan clalam tenggang waktu 7 (tujuh) hari setelah tanggal transaksi. Peranan dan pengawasan BBPOM terhadap penyebaran makanan di I(ota Paclang yaitu bcrperan dalanr progranl pengawasan kcarnanarl pru-lgan yang bertrahaya, yang bertujuan untuk meniamin produk pangzln yang beredar alnan dan layak untuk dikorrsumsi. Upaya hukum yang dapal dilal<ukan oleh ltonsumen yang dir-.rgikan oleh pelaku usaha adalah konsumen dapat melaporkau pelaku usaha clengan. menyelesaikan sengketa konsumen ini baik melalui pcngadilan maupull lernbaga luar pengaclilan untuk menuntut hak rnendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa konsutnen secara patr-rt dan hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi, dan/atau;;enggantian, zrpabila barang dan/atau jasa yang diterirna tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Unit atau Lembaga: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | KREATIF zulka hendri |
Date Deposited: | 25 Nov 2010 09:46 |
Last Modified: | 25 Nov 2010 09:46 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6136 |
Actions (login required)
View Item |