Repository Universitas Andalas

Tanggung Jawab Perusahaan Pengangkutan Terhadap Penumpang Yang Mengalami Kecelakaan (Studi Pada PT. NPM Padang Panjang)

Prima Putri Maharani, Prima Putri Maharani (2006) Tanggung Jawab Perusahaan Pengangkutan Terhadap Penumpang Yang Mengalami Kecelakaan (Studi Pada PT. NPM Padang Panjang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img] PDF (Tanggung Jawab Perusahaan Pengangkutan Terhadap Penumpang Yang Mengalami Kecelakaan (Studi Pada PT. NPM Padang Panjang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (651Kb)

Abstract

PT. NPM merupakan salah satu perusahaan pengangkutan umum yang bergerak pada bidang jasa dengan menyediakan alat transportasi yattg beroperasi baik antar kota maupun antar provinsi. Didalam menjalankan usahanya PT. NPM sering kali menghadapi berbagai macam resiko yang timbul dan membahayakan keselamatan jiwa para penumpang termasuk kecelakaan lalu lintas. Resiko inilah yang kemudian dialihkan kepada pihak ketiga yaitu pihak asuransi PT. Jasa Raharja. Perumusan masalah dalam penulisan ini lebih terfokus pada apa hak dan kewajiban perusahaan pengangkutan PT. NPM Padang Panjang sebagai penyedia jasa transportasi, bagaimana tanggung jawab PT. NPM Padang Panjang terhadap penumpang penggqna jasa transportasi yang mengalami kecelakaan dan apa kendala-kendala yang dialami pihak PT. NPM Padang Panjang dan penumpang dalam hal pembayaran ganti rugi. Pendekatan masalah dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis yang berkenaan dengan penelitian dilapangan yang dikaitkan dengan pokok masalah yang dibahas, penelitian bersifat deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan tertentu yang berhubungan dengan perumusan masalah. Penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh langsung dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari data perpustakaan yang meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tertier. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan adalah studi dokumen dan wawancara. Data yang diperoleh setelah penelitian akan diolah melalui proses editing, beranjak dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan maka diperlukan metode kualitatif. Hak dan kewajiban PT. NPM Padang Panjang bukan saja kepada para penumpang tetapi juga kepada PT. Jasa Raharja sebagai pihak penanggung dalam aswansi kecelakaan. Tanggung jawab PT. NPM Padang Panjang terhadap penumpang yang mengalami kecelakaan adalah memberikan uang duka dan ganti kerugian terhadap barang-barang yang hilang atau rusak akibat kecelakaan sesuai dengan kerugian yang dialami oleh penumpang. Kendala yang sering dialami oleh pihak PT. NPM Padang Panjang dan penumpang dalam hal pembayaran ganti rugi adalah waktu pengurusan administrasi yang cukup lama sampai dikeluarkannya santunan oleh PT. Jasa Raharja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 29 Nov 2010 08:08
Last Modified: 29 Nov 2010 08:08
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6286

Actions (login required)

View Item View Item