Repository Universitas Andalas

Perlindungan Terhadap Konsumen dalam Pemberian Garansi pada Transaksi Jual Beli Sepeda Motor Honda antara Pelaku Usaha dengan Konsumen di KOta PAdang

Martson, Welzi (2014) Perlindungan Terhadap Konsumen dalam Pemberian Garansi pada Transaksi Jual Beli Sepeda Motor Honda antara Pelaku Usaha dengan Konsumen di KOta PAdang. Other thesis, Fakultas HUkum.

[img] PDF (Perlindungan Terhadap Konsumen dalam Pemberian Garansi pada Transaksi Jual Beli Sepeda Motor Honda antara Pelaku Usaha dengan Konsumen di KOta PAdang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (773Kb)

Abstract

Masalah pemberian jaminan atau garansi dalam suatu iransaksi jual beli antara pelaku usaha dengan konsumen merupakan permasalahan yang senantiasa menarik perhatian khalayak banyak sekarang ini, hal ini dikarenakan pernberian garansi atau jaminan menyangkut berbagai aspek dalar:r p;oses penggunaan suatu barang yang akan dikonsumsi oleh konsumen itu sendiri. Agar dalam prakteknya masalah pemberian garansi atau jaminan ini tidak menimbulkan konflik kepentingan antara pelaku usaha dengan konsumen, maka diperlukan pengaturan pemberian garansi tersebut, bukan hanya sebatas hal itu saja prilaku pelaku usaha dan konsumen juga diatur dalam Undang-undang No. 8 Tahun 1999 terrtang Perl indungan Konsumen. Pemberian garansi atau jatninan adakalanya dalam menjalankan upaya pemberian garansi atau jaminan tersebut muncul beberapa permasalahan )ang menimhulkan dampak negatif bagi pihak-pihak yang terkait dalam hal prosedur pemberian garansi atau jaminan tersebut. Seperti hahrya masalah 1'ang terjadi antara pelaku usaha dengan konsumen dalam hal pemberian garansi atau jaminan sepeda motor merek Honda. Persoalan itu muncul disebabkan oleh beberapa faktor sepeni lokasi konsumen yang berada jauh dari lokasi pelaku usaha, kurangnya sosialisasi tentang garansi tersebut dan kurang memadai sarana dan prasarana purna jual sepeda motor merek Honda. Htrl inilah yang melatar belakangi penulisan skripsi ini denga:t nrF-rtggair!kat pelrnasaiaharr baga:lnanakah perlindungan terhadan kcnsumcn dalanr pernberian garansi pada transalisi jur,l beli sepeda irtotol rlonda di ko;a Padanq, scrta hal-hal apa sajakah yang nrenjadi tauggungan garansi tersebut sefta apa. salakair yang menjadi hambatan yang dite'rrui dalanr prosedrrral pemocrian garansi sepeda motor Honda oleh pelaku usaha kepada konsumelt. Untuk rnelengkaoi bahan, ciata konkrit da,; jawaban yang objelttil ilnriah serta dapat dipertanggungjawabkan penulis, maka penulis menggunakan metode yuridis sosiologis, yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan berupa observasi dan rvarvancara serta studi kepustakaan berupa bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Kemudian data-data yang dikurnpulkan akan diperiksa dan diolah secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahrva dalarn kenyataannya masalah pemberian garansi sepeda motor lJonda di kota Padang kurang ber.jalan sebagaimana mestinya dikarenakan faktor jarak yang .iauh antara konsumen dengan pelaku usaha, kurangnya sosialisasi tentang manfaat garansi bagi konsurnen itu sendiri serta kurangnya informasi tentang tanggungan garansi tersebut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 09 Dec 2010 05:24
Last Modified: 16 Oct 2015 01:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6358

Actions (login required)

View Item View Item