HENDRA JOHAN, HENDRA JOHAN (2006) Pelaksanaan Pembayaran Klaim Asuransi Kecelakaan Diri Oleh PT. Asuransi Jasaraharja Putera Cabang Padang. Other thesis, Fakultas Hukum..
PDF ( Pelaksanaan Pembayaran Klaim Asuransi Kecelakaan Diri Oleh PT. Asuransi Jasaraharja Putera Cabang Padang)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (757Kb) |
Abstract
Pembangunan ekonomi yang dilakukan Bangsa lndonesia dalam rangka mewujudkan sasaran dalam GBHN memerlukan dukungan investasi dalam jumlah memadai yang mana pelaksanaannya harus diupayakan sendiri. Salah satu upaya pemerintah adalah dengan mengumpulkan tabungan dari masyarakat. Upaya lainnya adalah dengan usaha perasuransian merupakan suatu lembaga keuangan yang penting peranannya. Dalam pembangunan empat unsur-unsur yang menjalankan pembangunan tersebut yaitu pribadi dan badan hukum. pribadi yang disebut juga manusia, dalam menjalankan tugasnya menjumpai banyak yang sering datang tiba-tiba yang berakibat mengandung suatu kerugian. dalam hal ini kadangkala manusia tidak sanggup menanggung risiko itu sendiri, disinilah fungsi asuransi khusnya asuransi kecelakaan diri pada PT. Jasaraharja Putera yaitu rnenutup risiko yang dihapi seseorang yang disebabkan oleh kecelakaan-kecelakaan di luar kesalahannya. risiko yang dimaksud adalah meirerima pembayaran klaim yang harus dipenuhi dulu prosedur yang telah disiapkan oleh asurador tersebut. Kurangnya informasi mengenai prosedur pembayaran klaim mengakibatkan adanya anggapan bahwa pengurusan melalui prestasi yang berbelit-belit sehingga banyaknya anggota asuransi yang mempercayakan pada ketiga yang menyebabkan kerugian pada anggota asuransi itu sendiri. Bertitik tolak dari inilah yang mendorong penulis untuk mengangkatnya ke dalam tulisan yang berbentuk sangsi dengan tujuan untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana sebenarnya prosedur bayaran klaim, klaim apa yang dijamin oleh PT Jasaraharja Putera khusunya menyangkut asuransi kecelakaan diri. Sedangkan metode yang penulis pakai adalah yuridis sosiologis melalui pengumpulan data baik itu dengan wawancara, studi dokumen maupun dengan penelitian perpustakaan. Akhirnya setelah mengetahui proses pembayaran kalim tersebut, saran penulis agar setiap perusahaan asuransi lebih banyak memberikan informasi tda masyarakat untuk menambah wawasan mengenai dunia perasuransian seiring dengan embanoan zaman vano semakin maju.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Unit atau Lembaga: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | KREATIF zulka hendri |
Date Deposited: | 09 Dec 2010 05:23 |
Last Modified: | 09 Dec 2010 05:23 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6360 |
Actions (login required)
View Item |