Repository Universitas Andalas

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AYAM RAS PETELUR (STUDI KASUS : USAHA AYAM RAS PETELUR SERBA USAHA PS DI KECAMATAN MUNGKA, PAYAKUMBUH)

Roza, Nelvira (2008) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AYAM RAS PETELUR (STUDI KASUS : USAHA AYAM RAS PETELUR SERBA USAHA PS DI KECAMATAN MUNGKA, PAYAKUMBUH). Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AYAM RAS PETELUR (STUDI KASUS : USAHA AYAM RAS PETELUR SERBA USAHA PS DI KECAMATAN MUNGKA, PAYAKUMBUH)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (340Kb) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan pada perusahaan ayarn ras petelur Serba Usaha PS yang berada di Jl. Raya Koto Tuo Mungka, Kecamatan Mungka, Payakumbuh. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan dari bulan Juni sampai dengan bulan November, yang dimulai dari persiapan proposal sampai dengan ujian sarjana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Variabel yang diukur dalam p.n"litiun ini adalah lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Berdasarkan iujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui bagaimana faktor eksternal dan faktor internal yangmempengaruhi usaha ayam ras petelur Serba Usaha PS dilakukan analisis deskriptif kualitatif, khusus untuk manajemen keuangan dilakukan perhitungan rasio dan laporan rugi/laba serta neraca. Tujuan penelitian yang kedua, untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha maka dianalisis dengan kerangka kerja perumusan strategi yang terdiri dari matriks EFE, EFI, CPM, SWOT, SPACE, dan untuk menentukan pilihan strategi berdasarkan strategi alternatif yang di dapat maka digunakan matriks QSPM. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa lingkungan eksternal dan lingkungan internal sangat mempengaruhi Serba Usaha PS dalam menjalankan usaha. Dari kerangka kerja perumusan strategi didapatkan pilihan strategi agresif yang meliputi : Memperkuat distribusi pemasaran dengan pemasaran langsung tanpa perantara' menjalin hubungan yang erat dengan masyarakat sekitar dengan ikut serta dalam kegiatan yang diadakan masyarakat, meningkatkan hubungan baik dengan pemasok dengan cara pembayaran hutang yang tepat waktu dan membuat perjanjian tertulis dengan pemasok. Serta mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya perusahaan dengan cara menambah jumlah kandang dan ternak agar meningkatkan produksi dan permintaan telur yang tinggi akan dapat dipenuhi, serta memberikan pelatihan dan pembekalan pada tenaga kerja dan menempatkan tenaga kerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Kata Kunci : Strategi pengembangan usaha, perumusan strate gi, ayam ras petelur

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 22 Feb 2011 04:43
Last Modified: 22 Feb 2011 04:43
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/7067

Actions (login required)

View Item View Item