Wira, Wira (2008) ANALISA KEPUASAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA PADA SWALAYAN NIAGARA BUKITTINGGI. Other thesis, Fakultas Ekonomi.
|
PDF (ANALISA KEPUASAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA PADA SWALAYAN NIAGARA BUKITTINGGI)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (478Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan studi mengenai kualitas pelayanan pada sebuah swalayan. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, dimana yang menjadi respondenya adalah konsumen yang berbelanja di Swalayan Niagara. Metode pengambilan samplingnya adalah Judgement Sampling. Berdasarkan survey awal diperoleh 14 butir variabel, lalu ke 14 butir variabel tersebut dibagi kedalam 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu, Tangible (bukti fisik, perlengkapan dan peralatan), Reliability ( pelayanan akurat yang diberikan oleh pihak perusahaan), Assurance ( kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan), Responsivenees ( daya tanggap atau kemampuan karyawan untuk membantu konsumen) dan Emphaty (perhatian yang diberikan oleh perusahaan). Pada keseluruhan butir pernyataan diberikan kepada konsumen. Kemudian dilakukan pengukuran tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan dengan mengggunakan metode servequal, yang bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi dan harapan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan swalayan Niagara. Hasil penelitian menunjukkan nilai kepuasan Tangible didapat 3,18 dan nilai kepentingan 3,45, nilai kepuasan. Reliability 2,71 dan nilai kepentingan 3,47. Assurance nilai kepuasannya didapat sebesar 3,23 dan nilai kepentingan 3,53, nilai kepuasan Responsiveness 2,94 dan kepentingannya 3,44. Emphaty adalah 2,74 dan nilai kepentingan 3,36. Masih lebih tingginya nilai kepentingan dibanding kepuasan yang dirasakan konsumen ini berarti bahwa Niagara masih harus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi sesuai dengan harapan konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Haryoshi Utami |
Date Deposited: | 22 Feb 2011 02:28 |
Last Modified: | 22 Feb 2011 02:28 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/7116 |
Actions (login required)
View Item |