Repository Universitas Andalas

ANALISIS SISTEM PEMASARAN USAHA KERUPUK KULIT DI KOTA BUKITTINGGI (Studi Kasus: Pada Industri kecil Kerupuk Kulit Gunung Merapi di Kelurahan Pakan Labuh, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Bukittinggi)

NEFRIZAL, NEFRIZAL (2010) ANALISIS SISTEM PEMASARAN USAHA KERUPUK KULIT DI KOTA BUKITTINGGI (Studi Kasus: Pada Industri kecil Kerupuk Kulit Gunung Merapi di Kelurahan Pakan Labuh, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Bukittinggi). Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS SISTEM PEMASARAN USAHA KERUPUK KULIT DI KOTA BUKITTINGGI (Studi Kasus: Pada Industri kecil Kerupuk Kulit Gunung Merapi di Kelurahan Pakan Labuh, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Bukittinggi)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (386Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Industri Kecil Kerupuk Kulit Gunung Merapi di Jalan Pendidikan No. 15, Kelurahan Pakan Labuah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi dari tanggal 30 Juni sampai 30 Juli 2009. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik pedagang perantara, bauran pemasaran dan menghitung marjin pemasaran pada Industri Kerupuk Kulit Gunung Merapi di Kota Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada produsen kerupuk kulit dan metode survey pada lembaga pemasaran yang terlibat. Sedangkan penentuan responden dengan menggunakan metode sensus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui pengamatan langsung dilapangan dan melakukan wawancara dengan produsen serta pedagang yang terlibat, dengan menggunakan bantuan daftar pertanyaan (kuisioner). Data sekunder diambil dari instansi terkait. Dalam analisis ini akan digunakan dua teknik analisa data yaitu analisa kualitatif dan kuantitaif.Hasil penelitian diketahui bahwa produk yang dihasilkan oleh Industri kerupuk kulit Gunung Merapi terdiri dari dua jenis yaitu Kerupuk latua dan kerupuk kulit siap konsumsi, harga produk ditetapkan dengan metode penetapan harga biaya tambahan dengan tetap memperhatikan harga pasar, jenis saluran distribusi yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Bentuk promosi yang dilakukan oleh industri kerupuk kulit Gunung Merapi ini adalah promosi penjualan dengan personal selling dan publisitas. Rataan biaya pemasaran untuk saluran II yaitu sebesar R:p. 414,34,-lkg, pada saluran III sebesar Rp. 826,67,-lkg untuk pedagang besar dan untuk pedagang pengecer sebesar Rp.1.082,98,-/kg. Marjin pemasaran pada saluran II adalah sebesar Rp. 21.666,67,-lkg. Sedangkan pada saluran III merjin pemasarannya adalah sebesar Rp. 29.375,-lkg yang terdiri dari Rp. I 1.000,-/kg pada pedagang besar dan Rp. 18.375,-/kg pada pedagang pengecer. Kata Kunci: Analisis, Sistem Pemasaran, Usaha Kerupuk Kulit

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 24 Feb 2011 14:41
Last Modified: 24 Feb 2011 14:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/7348

Actions (login required)

View Item View Item