Repository Universitas Andalas

Bahasa Iklan dan Pengaruh Terhadap Masyarakat

Yades , Efri and Syafyahya, Leni (2008) Bahasa Iklan dan Pengaruh Terhadap Masyarakat. Working Paper. FAKULTAS SASTRA. (Unpublished)

[img] Microsoft Word (Bahasa Iklan dan Pengaruh Terhadap Masyarakat) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (335Kb)

Abstract

Iklan merupakan media promosi bagi kalangan yang ingin menginformasikan sesuatu. Iklan menggunakan bahasa sebagai alat untuk menyampaikan informasi. Dengan demikian, pada artikel ini dibahas bahasa iklab dari tataran frase, klausa, dan kalimat. Kemudian dilanjutkan penjelasan tentang informasi dan maksud yang disampaikan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap data yang dikumpulkan ditemukan struktur frase, klausa, dan kalimat. Frase yang ditemukan dua tipe frase yaitu endosentris dan eksosentris. Lalu, berdasarkan konstituen inti, ditemukan frase verbal, nominal, adjektif, dan frase numeral. Selanjutnya, klausa yang ditemukan adalah klausa verbal dan nonverbal, sedangkan kalimat ditemukan adalah kalimat tunggal dan kalimat majemuk dari segi bentuk. Dari segi fungsi yang ditemukan adalah kalimat deklaratif, interogatif, imperatif, dan seruan. Informasi yang ditemukan adalah kesehatan, kecantikan, dan perawatan tubuh, makanan dan minuman, otomotif, dan elektronik, sedangkan maksud yang disampaikan adalah aspek maksud deklaratif, persuasif, dan imperatif. Kata kunci : Frase, klausa dan kalimat

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 25 May 2010 04:15
Last Modified: 25 May 2010 04:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item View Item