Elfandari, Meuthia (2008) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PEMBERIAN PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT DR. M. DJAMIL PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum..
|
PDF (PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PEMBERIAN PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT DR. M. DJAMIL PADANG)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (534Kb) | Preview |
Abstract
Pelayanan kesehatan harus diberikan kepada setiap anggota masyarakat yang membutuhkan tanpa membedakan jenis penyakit, status sosial dan jenis kelamin. Oleh karena itu, pelayanan kesehatan yang diberikan adalah pelayanan kesehatan yang berkualitas. Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen merupakan suatu perangkat hukum yang berpihak kepada kepentingan konsumen. Undang-Undang Perlindungan Konsumen diharapkan dapat mendidik masyarakat untuk menyadari hak dan kewajiban yang dimiliki terhadap pelaku usaha- Hal ini disebabkan karena dokter merupakan pelaku usaha dalam jasa pelayanan kesehatan dan pasien merupakan konsumen dalam jasa pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tanggung jawab dalam pelayanan kesehatan bagi pasien rawat inap stroke di Rumah Sakit DR. M. Djamil Padang, hak dan kewajiban dokter serta pasien rawat inap stroke dan kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di Rurnah Sakit DR. M. Djamil Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis, yaitu mengumpulkan bahan dari peraturan-peraturan yang erat kaitannya dengan objek penelitian kemudian dihubungkan dengan fakta yang ada- Penelitian ini bersifat deskriptif, artinya membuat gambaran secara sistematis dan akurat tentang fakta yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tanggung jawab dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien rawat inap stroke adalah dilakukan informed cansent dan dokter harus bekerja sesuai dengan standar profesi menurut ketentuan yang telah ditetapkan. Jika terjadi kesalahan dan kelalaian yang mengakibatkan kematian atau cacat permanen dalam pelaksanaan standar profesi, maka pasien dapat membuat pengaduan dan meminta ganti rugi. Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan masih ditemukan adanya perlakuan diskriminatif dan kurang ramahnya pelayanan yang diterima oleh pasien. Hal ini harus menjadi perhatian utama bagi Rumah Sakit DR. M. Djamil Padang untuk meningkatkan fungsi pelayanan dengan mengedepankan kualitas yang baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Hukum > Hukum |
Depositing User: | KREATIF zulka hendri |
Date Deposited: | 25 Mar 2011 21:05 |
Last Modified: | 03 Oct 2011 09:29 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/9280 |
Actions (login required)
View Item |