Repository Universitas Andalas

MASALAH KEJIWAAN DALAM NOVEL JENDELA- JENDELA KARYA FIRA BASUKI (SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

ZULMAINI, RIA (2008) MASALAH KEJIWAAN DALAM NOVEL JENDELA- JENDELA KARYA FIRA BASUKI (SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (MASALAH KEJIWAAN DALAM NOVEL JENDELA- JENDELA KARYA FIRA BASUKI (SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334Kb) | Preview

Abstract

Di antara beberapa karya sastra, terdapat karya sastra yang menceritakan masalah kejiwaan tokoh yang disebabkan oleh kondisi lingkungan sosialnya. Salah satu karya sastra yang bercerita tentang masalah kejiwaan tokoh yang dipengaruhi oleh lingkungannya adalah novel Jendela-Jendela ka.ya Fira Basuki. Novel ini bercerita tentang masalah kejiwaan yang dialami oleh June sebagai pendatang di negara Singapura. Dia tidak siap berada dalam kondisi sosial dan budaya yang berbeda namun ia harus menerimanya karena ia telah menjadi bagian dari sebuah komunitas sosial. Pertentangan inilah yang terjadi dalam diri June. Penganalisisan novel tersebut dilakukan dengan tinjauan psikologi sastra yakni psikologi karya. Pembahasan mengacu pada teks-teks novel yang mengandung masalah kejiwaan yang berhubungan dengan kondisi sosial. Landasan teori yang dipakai dalam penganalisisan ini adalah teori yang dikemukakan oleh Alfred Adler tentang pembahasan kepribadian dengan pendekatan psikologi sosial. Adapun metode yang dipakai dalam penganalisisan ini adalah studi kepustakaan dengan melakukan pendekatan psikologi sastm khususnya psikologi karya dan untuk membantu penganalisisan dilakukan analisis struktur. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat masalah kejiwaan yang dialami June serta menguraikan sebab dan akibat yang ditimbulkan pada diri June. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kondisi sosial kota metropolitan berpengaruh besar pada munculnya masalah kejiwaan pada diri June sehingga sikap dan prilaku June didasarkan pada sikap dan prilaku masyarakat kota. Sikap June tersebut merupakan bentuk kompensasi dari maslah kejiwaan yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:46
Last Modified: 11 Oct 2011 07:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10251

Actions (login required)

View Item View Item