Repository Universitas Andalas

FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Padang)

Erikwan, Yudha Thama (2008) FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (473Kb) | Preview

Abstract

Anak merupakan harapan dan tumpuan masa depan negara, oleh karena itu mereka dilindungi oleh negara. Dalam kenyataannya selain rentan menjadi korban kejahatan, anak juga rentan menjadi pelaku kejahatan, yang pada akhirnya akan menjerumuskan anak kedalam kehidupan yang kelam dan hilangnya harapan untuk meraih masa depan yang baik. Salah satu bentuk kejahatan yang sering dilakukan anak adalah tindak pidana pencurian. Pencurian yang dilakukan oleh anak sangat mengkhawatirkan. Kualitas dan kuantitas pencurian yang dilakukan anak dari waktu ke waktu semakin tinggi. Hal ini akan memberikan akibat yang sangat buruk bagi masyarakat maupun anak itu sendiri. Disini akan dibahas 1) Faktor penyebab timbulnya tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak, 2) Upaya penanggulangan tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak, 3) Kendala- kendala dalam penanggulangan tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak. Disini penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dengan sifat penelitian deskriptif yang menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, penelitian lapangan dan wawancara. Sedangkan pengolahan data dengan editing, coding dan analisis data dilakukan secara kualitatif. Dalam hal ini hasil yang didapat bahwa faktor penyebab timbulnya tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak dikarenakan dorongan faktor ekonomi, faktor lingkungan, faktor sosial, rendahnya pemahaman agama dan moral, faktor pendidikan, faktor keluarga, pengangguran dan penyakit kejiwaan yang disebut dengan kleptomania. Serta upaya penanggulangan dengan menekan tingkat kemiskinan, pengangguran, putus sekolah, memberikan pendidikan agama dan moral kepada anak, serta keutuhan keluarga sebagai bentuk masyarakat terkecil dalam kehidupan anak. Kendala-kendala seperti terlalu singkatnya masa pemeriksaan maksimal, terbatasnya sarana dan prasarana masyarakat yang bersifat individualisme, kurang tegasnya sanksi yang diberikan terhadap anak yang melakukan Tindak Pidana Pencurian, Sering terjadinya penyelesaian perkara dengan upaya damai antara pelaku dengan korban, dan yang paling penting adalah selama kesenjangan sosial masih tinggi di kehidupan masyarakat serta perekonomian dan pendidikan masyarakat yang rendah ditambah lagi banyaknya tingkat putus sekolah dan pengangguran di kalangan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 06:54
Last Modified: 04 Oct 2011 02:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10424

Actions (login required)

View Item View Item