Repository Universitas Andalas

Faktor Pendorong Mahasiswa Masuk Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas

Gunarti, Maria (2008) Faktor Pendorong Mahasiswa Masuk Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Faktor Pendorong Mahasiswa Masuk Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (349Kb) | Preview

Abstract

Universitas Andalas merupakan salah satu lembaga perguruan tinggi Negeri yang ada di Kota Padang yang memiliki sebelas fakultas. Setiap Fakultas memiliki jumlah peminat yang berbeda-beda. Mahasiswa yang telah mengikuti Ujian Seleksi Masuk Perguruan Tinggi memilih fakultas dan jurusan yang mereka inginkan dengan berbagai pertimbangan. Dalam hal ini, Peneliti ingin mengetahui kenapa mahasiswa memilih kuliah di jurusan Sosiologi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) universitas Andalas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pendorong mahasiswa memilih jurusan Sosiologi dan mendeskripsikan minat dan peluang kerja untuk lulusan Sosiologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian survai dengan teknik penarikan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan melalui Focus Group Discussion (FGD). Sampel dipilih sesuai kriteria tertentu, yaitu mahasiswa yang memilih Sosiologi sebagai pilihan pertama, pilihan kedua dan pilihan ketiga, yang diambil persentase sampelnya 30 % dari masing-masing pilihan, 57 orang dari jalur SNMPTN dan 10 orang dari jalur PMDK, jumlah sampel keseluruhan adalah 67 orung. Paradigma yang dipakai adalah Definisi sosial, dengan menggunakan teori tindakan Sosial Max Weber. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa faktor yang mendorong responden untuk memilih kuliah di jurusan Sosiologi adalah faktor lingkungan, yaitu keluarga, dimana responden memilih kuliah di jurusan Sosiologi karena anjuran dari orang tua dan saudaranya, dan juga anjuran teman responden. Terdapat interaksi responden dengan lingkungan sekitarnya yang pada akhirnya mempengaruhi responden untuk memilih kuliah di jurusan Sosiologi. Namun, pilihan responden masuk Jurusan Sosiologi tidak selalu mengarah pada bentuk tindakan sosial, karena ditemukan juga responden yang memilih Sosiologi dengan alasan daripada tidak kuliah, responden yang memilih jurusan Sosiologi karena menyukai mata pelajaran sosiologi ketika masih sMA, dan responden yang memilih Sosiologi karena peluang masuk yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 13 May 2011 08:30
Last Modified: 04 Oct 2011 03:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10529

Actions (login required)

View Item View Item