Repository Universitas Andalas

Evaluasi Pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat Di Dinas Kesehatan Kota Padang Tahun 2006-2007

Basri, Octandra (2008) Evaluasi Pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat Di Dinas Kesehatan Kota Padang Tahun 2006-2007. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Evaluasi Pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat Di Dinas Kesehatan Kota Padang Tahun 2006-2007) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (422Kb) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, penuiis meneliti tentang pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan masyarakat di Dinas Kesehatan Kota padang. Adapun program yarrg diteliti oleh penulis adalah program peningkatan Jangkauan Pelayanan Kesehatan Anak Sekolah. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa permasalahan kemiskinan memerlukan penyelesaian dengan pelaksanaan progam yang tepat. Dimana pada program peningkatan jangkauan pelayan kesehatan anak sekolah ini yang rnenjadi sasaran adalah anak sekolah dan program ini <iigunakan sebagai salah satu pro$am penanggulangan kemiskinan. Oleh karena itu dilihat sejauh mana program yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Padang berhasil dalam pelaksanaan dan tujuan sebagai program penanggulangan kemiskinan. Pada penelitian ini teori yang digunakan oleh penulis adalah dengan mengadopsi dan memetakan beberapa variabel dari toori-toori implernentasi yang ada. Adapun variabel yang diambil penulis adalah t*up, aktor, dukungan kelembagaan, sumber daya manusia dan sarana dan prasarana. Teori lain yang digunakan adalah teori evaluasi yaitu evaluasi teoritik. Untuk proses evaluasi digunakan brainstorming dan analisis argumentasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif yang mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan masyarakat di Dinas Kesehatan Kota Padang dengan data-datayang diperoleh. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di Dinas Kesehatan Kota Padang yaitu F.ogt* eeningkatan Jangkauan Pelayanan Kesehatan Anak Sekolah telah berjalan dengan baik dengan melaksanakan semua kegiatan yang telah ditentukan. Keberhasilan ini tidak terlepas dari proses pelaksanaan yang terdiri dari tahap, aklor dan dukungan kelembagaan yang baik ditambah lagi dengan dukungan falctor penunjang yaitu sumber daya manusia dan sarana dan prasarana..Terlaksananya program ini dengan baikmembawa dampak terhadap pengwangan tingkat kemiskinan di Kota Padang. Kesimpulan yang penulis ambil dari penelitian ini adarah program penanggulangan kemiskinan di Dinas Kesehatan telah terlaksanan dengan baik, walaupun dalam pelaksanaannya masih ditemukan kendala-kendala yang perlu diatasi untuk pelaksanaan berikutnya. Terkait dengan penanggulangan kemiskinan, program ini bisa digunakan tapi tidak untuk penanggulangan dalam jangka pendek namun untuk jangkapanjang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 13 May 2011 08:28
Last Modified: 03 Oct 2011 06:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10546

Actions (login required)

View Item View Item