Repository Universitas Andalas

AN ANALYSIS OF SLOGAN RULES AND IMPLICATURE IN THE DRINK ADVERTISEMENTS

Sari, A. Yunita (2008) AN ANALYSIS OF SLOGAN RULES AND IMPLICATURE IN THE DRINK ADVERTISEMENTS. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (AN ANALYSIS OF SLOGAN RULES AND IMPLICATURE IN THE DRINK ADVERTISEMENTS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (427Kb) | Preview

Abstract

Di dalam skripsi ini penulis membahas tentang implikatur yang terdapat di dalam slogan-slogan iklan minuman, baik produksi dalam negeri maupun luar negeri yang dipasarkan di lndonesia. Masalah ini dibahas untuk menjawab keingintahuan penulis tentang arti dari slogan minuman yang sering mereka gunakan dalam kesehariannya. Data didapat dari internet, televisi dan majalah. Analisis data dilakukan dengan dua langkah analisis. Pertama memberikan deskripsi umum tentang gambar yang digunakan sebagai konteks dalam menganalisa makna slogan tersebut. Kedua, menganalisa slogan dengan mengacu kepada teori Foster dan Grice untuk menemukan implikatur dari slogan-slogan iklan minuman. Kemudian hasil penelitian disajikan dalam bentuk penceritaan atau deskripsi dan dalam bentuk tabel. Dari hasil analisis ditemukan bahwa semua peraturan slogan yang dikemukakan oleh Foster diterapkan dalam data iklan minuman. Diketahui bahwa lima dari sepuluh data iklan minuman menggunakan peraturan slogan, "reflect the brand's personality", Sebaliknya hanya satu data iklan minuman yang menggunakan peraturan "strategic". Kemudian, ditinjau dari segi maxim yang dikemukan oleh Grice, ternyata semua maxim juga diterapkan dalam slogan minuman. Ada slogan yang mengikuti peraturan maxim dan ada juga yang melanggar peraturan maxim dalam iklan minuman tersebut. Terdapat enam slogan yang mengikuti peraturan, "maxim of quantity", karena pada umumnya slogan menyampaikan inti dari pesan yang ingin disampaikan. Kemudian, terdapat empat slogan yang melanggar peraturan "maxim of manner", karena slogan tersebut taksa atau memiliki banyak makna. Maka disinilah peranan implikatur yang mengungkapkan makna-makna yang terdapat pada slogan iklan minuman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 02:40
Last Modified: 07 Oct 2011 07:03
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item View Item