Repository Universitas Andalas

PENGATURAN PRINSIP PEMBEDA MENURUT HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL DAN IMPLEMENTASINYA DALAM HUKUM NASIONAL INDONESIA

Allim, Harda (2009) PENGATURAN PRINSIP PEMBEDA MENURUT HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL DAN IMPLEMENTASINYA DALAM HUKUM NASIONAL INDONESIA. Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF (PENGATURAN PRINSIP PEMBEDA MENURUT HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL DAN IMPLEMENTASINYA DALAM HUKUM NASIONAL INDONESIA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (521Kb) | Preview

Abstract

Pengalaman sejarah menunjukkan seringnya terjadi pelanggaran terhadap penduduk sipil dalam setiap konflik bersejata, secara langsung hal ini juga melanggar prinsip fundamental hukum humaniter yaitu prinsip pembeda (distinctionprinciple). Prinsip ini membagi penduduk dari suatu negara yang sedang terlibat konflik bersenjata ke dalam dua golongan yakni kombatan (combatant) yang secara aktif turut serta dalam permusuhan (hostitities) dan penduduk sipll (civilian) yang tidak ikut serta dalam permusuhan sehingga tidak boleh dijadikan sasaran atau objek kekerasan dan harus dilindungi. Permasalahan yang dikemukakan penulis dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimanakah pengaturan prinsip pembeda dalam hukum humaniter internasional, serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengaturanya, dan implementasinya dalam hukum nasional Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:39
Last Modified: 23 Apr 2011 13:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10832

Actions (login required)

View Item View Item