Repository Universitas Andalas

Strategi Dana Kampanye Partai Demokrat Kota Padang pada Pemilu Legislatif Tahun 2009

Yurizki, Yurizki (2008) Strategi Dana Kampanye Partai Demokrat Kota Padang pada Pemilu Legislatif Tahun 2009. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Strategi Dana Kampanye Partai Demokrat Kota Padang pada Pemilu Legislatif Tahun 2009) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (573Kb) | Preview

Abstract

Indonesia yang merupakan Negara demokrasi, membutuhkan Parpol serta pelaksanaan Pemilu agar demokasi tersebut berjalan dengan baik. Pada Pemilu legislatif 2009 yang memakai sistem proporsional terbuka memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk memilih partai serta caleg yang diinginkan. Sebelum pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009 pada tanggal 9 April, KPU memberikan kesempatan kepada Parpol beserta caleg untuk melaksanakan kegiatan kampanye, yang berguna untuk menyampaikan program kerja serta visi misi caleg kepada konstituen. Dalam pelaksanaan kampanye, dana merupakan sesuatu yang sangat penting, tanpa dana kegiatan kampanye tidak akan berjalan. Undang-undang No. 10 Tahun 2008 tentang Pemilu menyatakan bahwa : dana yang dikeluarkan pada pelaksanaan kegiatan kampanye disebut dana kampanye. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, sementara teknik keabsahan data yang digunakan peneliti memakai proses triangulasi sumber data. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diperoleh Partai Demokrat Kota Padang memiliki dua jenis strategi dana kampanye pada pemilu Legislatif 2009, yakni strategi dana pada kampanye terbuka dan strategi dana pada kampanye terbatas. Jenis strategi yang dilakukan Partai Demokrat kota Padang tersebut secara umum mengacu pada konsep strategi Peter Schroder, yakni strategi ofensif, defensif dan campuran. Untuk strategi penggunaan dana kampanye terbuka yang dananya digunakan untuk melakukan pengerahan masa dan pembuatan baliho, jenis strategi yang digunakan yaitu strategi campuran antara ofensif dengan defensif. Dimana pada strategi ofensif Partai Demokrat Kota Padang menekankan perbedaan yang jelas dengan partai lainnya, dalam merebut suara. Sementara pada strategi defensif menekankan pada posisi Partai Demokrat sebagai partai pemerintah dalam merebut suara. Pada kampanye terbatas kampanye terbagi atas dua yaitu : kampanye terbatas oleh partai dan kampanye terbatas oleh caleg. Kampanye terbatas yang dilakukan oleh partai terfokus pada program eksternal dan internal yang dilakukan pada pemilu legislatif 2009, disini strategi ofensif yang dipakai Partai Demokrat Kota Padang dimana dalam meningkatkan jumlah suara Partai Demokat Kota Padang melaksanakan program-program yang akhirnya membuat pandangan positif yang tinggi pada Partai Demokrat Kota Padang. Adapun program-program tersebut yaitu pengokohan kader, atributisasi dan dialog dengan masyarakat. Sementara itu pada kampanye terbatas yang dilakukan oleh caleg Partai Demokrat Kota Padang, penggunaan dana kampanyenya digunakan untuk membuat alat peraga kampanye serta untuk sumbangan atau bantuan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:08
Last Modified: 12 Oct 2011 03:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11061

Actions (login required)

View Item View Item