Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANTENA MICROSTRIP MATCHING SLOT 2,4 GHz UNTUK PENERIMA SINYAL JARINGAN WIRELESS LAN

Priatna, Arwan (2008) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANTENA MICROSTRIP MATCHING SLOT 2,4 GHz UNTUK PENERIMA SINYAL JARINGAN WIRELESS LAN. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANTENA MICROSTRIP MATCHING SLOT 2,4 GHz UNTUK PENERIMA SINYAL JARINGAN WIRELESS LAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (290Kb) | Preview

Abstract

Tugas Akhir ini menitik-beratkan pada pembuatan antenA Microstrip Matching Slot dengan frekuensi kerja 2,4 GHz untuk jaringan Wireless-LAN. Mengingat semakin banyaknya pelanggan (client) yang ingin sharing/terkoneksi pada jaringan komputer, untuk memudahkan koneksitivitas antara client dan server dibuatlah teknologi nirkabel yaitu Wireless LAN, selain menghemat biaya untuk penarikan kabel, teknologi ini sangat praktis dan efisien. Dengan memanfaatkan PCB yang dibentuk sedemikian rupa, maka jadilah sebuah Antena Directional yang dapat bekerja sebagai pengganti antena standar pada Access Point. Antena ini dibuat dengan memanfaatkan prinsip kerja penyaringan frekuensi atau yang lebih dikenal dengan Bandpass Filter. Bentuk patch dari antena menyerupai huruf "F"dengan panjang 130 mm dan lebar 100 mm ditambah 2 pasang slot berbentuk persegi panjang dengan lebar masing-masing 2 mm.Adapun proses penyaringan frekuensi pada antena ini terjadi karena pertemuan 2 pasang slot ketika menerima sinyal. Proses penyaringan frekuensi lebih difokuskan ke penyaringan frekuensi tinggi termasuk salah satunya frekuensi 2,4 GHz. Setelah dilakukan pengukuran, didapatkan daya terima tertinggi antena sebesar -44 dBm, dan daya terendah sebesar -88 dBm. Untuk daya terima tertinggi terjadi pada pengukuran di dalam ruangan dengan jarak 10 meter, sedangkan untuk daya terima terendah terjadi pada pengukuran di luar gedung dengan jarak 30 meter. Antena Microstrip Matching Slot ini memiliki gain sebesar 15,99 dB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:02
Last Modified: 10 Oct 2011 04:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11130

Actions (login required)

View Item View Item