Repository Universitas Andalas

Prosedur Perpajakan Bendaharawan Negara (Studi Kasus : Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang)

Mande, Nabilla (2008) Prosedur Perpajakan Bendaharawan Negara (Studi Kasus : Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Prosedur Perpajakan Bendaharawan Negara (Studi Kasus : Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (375Kb) | Preview

Abstract

Bendaharawan KPP Pratama Padang merupakan bendaharawan negara yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai pemotong/pemungut pajak-pajak negara. Beberapa pajak yang dipotong/dipungut oleh bendaharawan KPP Pratama Padang diantaranya yaitu: Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21, PPh pasal 22, PPh pasal 23 dan PPN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prosedur dan tata cara pemotongan/pemungutan atas pajak-pajak yang dipotong/dipungut bendahara mulai dari prosedur pemotongan, penyetoran dan pelaporan, serta kepatuhan bendaharawan Kantor Pelayanan Pajak dalam mematuhi aturan perpajakan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa bendahara telah melakukan tata cara penyetoran dan pelaporan sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Kecuali untuk tata cara pemotongan, dalam pemotongan PPh pasal 23 bendahara belum memberlakukan tarif terbaru untuk perhitungannya, sehingga membuat pajak yang dipotong bendahara lebih besar. Disarankan bendahara lebin memperhatikan perubahan ketetapan dan aturan-aturan yang berlaku dan segera menerapkannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:57
Last Modified: 05 Oct 2011 08:20
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11180

Actions (login required)

View Item View Item