Repository Universitas Andalas

Pembuatan Alat Kontrol Suhu Air Untuk Terapi Kesehatan Menggunakan Mikrokontroller AT89S51 (Software)

Febrio, Rizky (2008) Pembuatan Alat Kontrol Suhu Air Untuk Terapi Kesehatan Menggunakan Mikrokontroller AT89S51 (Software). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Pembuatan Alat Kontrol Suhu Air Untuk Terapi Kesehatan Menggunakan Mikrokontroller AT89S51 (Software)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (392Kb) | Preview

Abstract

Air merupakan sumber daya alam yang paling dibutuhkan dan mendatangkan banyak manfaat bagi kehidupan umat manusia. Sifat fisika air membuatnya menjadi sarana yang sangat handal, salah satunya dalam bidang Kedokteran (untuk terapi kesehatan). Salah satu tempat untuk terapi kesehatan ini adalah pada bak penampungan air. Dimana pengontrolan suhu air untuk terapi kesehatan ini menggunakan mikrokontroler AT89S5l. Mikrokontroler ini diimplementasikan untuk pengontrol suha air agar tetap konstan pada pemanas air dengan rentang waktu 30 derajat C sampai 48 derajat C. Untuk pembacaan temperatur atau suhu air digunakan sensor LM35. Proses akusisi data digunakan ADC 0804 dan DAC 0808. Kemudian data-data tersebut akan diproses oleh mikrokontroler untuk dikendalikan dan ditampilkan pada LCD. Dari pembuatan alat ini diharapkan dapat bermanfaat untuk terapi kesehatan di dunia kedokteran, dimana sistim pemanasan air dapat dikontrol secara langsung sesuai dengan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 18 Apr 2011 06:06
Last Modified: 04 Oct 2011 04:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11290

Actions (login required)

View Item View Item