Repository Universitas Andalas

OPTIMASI PRODUKSI ENZIM AMILASE TERMOSTABIL DARI BAKTERI TERMOFILIK SUMBER AIR PANAS RIMBO PANTI

Prawuri, Albertus Handy (2008) OPTIMASI PRODUKSI ENZIM AMILASE TERMOSTABIL DARI BAKTERI TERMOFILIK SUMBER AIR PANAS RIMBO PANTI. Other thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
PDF (OPTIMASI PRODUKSI ENZIM AMILASE TERMOSTABIL DARI BAKTERI TERMOFILIK SUMBER AIR PANAS RIMBO PANTI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (366Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai optimasi produksi enzim amilase dari bakteri termofilik sumber air panas Rimbo Panti. Enzim sangat banyak digunakan dalam industri makanan dan kesehatan. Salah satunya enzim amilase yang mengkatalis reaksi hidrolisis amilum menjadi monosakarida. Enzim ini diisolasi dari mikroorganisme yang ada di sumber air panas di Rimbo Panti. Dalam penelitian ini, terlebih dahulu dilakukan releksi mikroorganisme yang berpotensi menghasilkan amilase. Isolat yang berpotensi diremajakan dengan menumbuhkan isolat pada medium lalu dilakukan produksi enzim dengan memfermentasi isolat kemudian diukur aktifitas enzim kasar yang dihasilkannya. Pengujian aktifitas ditentukan dengan menguji gula reduksi yang terbentuk sebagai hasil reaksi yang dikatalis oleh amilase. Gula reduksi ditentukan dengan metoda Somogy-Nelson. Isolat yang berpotensi adalah isolat yang berasal 1 meter dari sumber pusat(SM1) yang diberi kode Fb. Aktivitas enzim tertinggi untuk lama fermentasi, suhu optimum dan konsentrasi substrat masing-masing adalah pada 66 jam yaitu 0,224 umol/menit pada 65 derajat C yaitu 0,054 umol/menit pada konsentrasi subsrat 3,5% (b/v) yaitu 0,0822 umol/menit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:13
Last Modified: 10 Oct 2011 04:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11520

Actions (login required)

View Item View Item