Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PENGADAAN TANAH UNTUK PEBANGUNAN PASAR BARU OLEH KOPERASI SERBA USAHA ANAK NAGARI DI LUBUK ALUNG

Yeni, Fitri (2008) PELAKSANAAN PENGADAAN TANAH UNTUK PEBANGUNAN PASAR BARU OLEH KOPERASI SERBA USAHA ANAK NAGARI DI LUBUK ALUNG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PENGADAAN TANAH UNTUK PEBANGUNAN PASAR BARU OLEH KOPERASI SERBA USAHA ANAK NAGARI DI LUBUK ALUNG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (353Kb) | Preview

Abstract

Undang-undang Pokok Agraria Nomor 5 Tahun 1960 merupakan tonggak sejarah pembaharuan hukum agraria Indonesia yang tujuan pokoknya adalah untuk memberikan kepastian hukum bagi hak atas tanah dan penggunaan bumi, air dan ruang angkasa untuk kemakmuran rakyat. Salah satu peraturan pelaksana dari UUPA adalah Keppres No. 55 Tahun 1993 tentang Pengadaan Tanah bagi Pelaksanaan Pembangunan untuk Kepentingan Umum. Dengan adanya ketentuan tersebut diharapkan adanya perlindungan hukum bagi masyarakat serta mampu mengatasi persoalan yang timbul dalam hal pertanahan umumnya dan persoalan pengadaan tanah khususnya. Masalah tanah yang sering muncul dalam pembangunan adalah mengenai pembebasan atau pelepasan hak atas tanah, hal ini disebabkan karena adanya dua kepentingan yang saling berhadapan yaitu kepentingan pihak yang membutuhkan tanah untuk pembangunan baik pemerintah maupun swasta dengan kepentingan masyarakat yang memiliki tanah. Hal inilah yang mendorong Penulis untuk mernbahas masalah tanah dalam pembangunan, dengan judul Pelaksanaan Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Pasar Baru Oleh Koperasi Serba Usaha Anak Nagari di Lubuk Alung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:39
Last Modified: 04 Oct 2011 07:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item