Repository Universitas Andalas

PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE HARGA POKOK PROSES PADA USAHA LIMUN GM SEMPURNA

Pertiwi, Siska Dharma (2008) PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE HARGA POKOK PROSES PADA USAHA LIMUN GM SEMPURNA. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas. .

[img]
Preview
PDF (PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE HARGA POKOK PROSES PADA USAHA LIMUN GM SEMPURNA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334Kb) | Preview

Abstract

Untuk mencapai laba yang diharapkan perusahaan harus mampu menetapkan harga jual dengan cermat karena bila terdapat kesalahan dalam menentukan harga jual maka akan berpengaruh terhadap tingkat keuntungan yang diharapkan perusahaan. Harga pokok produksi adalah biaya pabrik ditambah persediaan dalam proses awal dikurangi dengan persediaan dalam proses akhir. Harga pokok produksi akan membantu manajemen dalam mencatat nilai barang jadi yang akhirnya akan menjadi harga pokok penjualan. Usaha Limun GM Sempurna merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang minuman ringan yang dikemas dalam gelas plastik. Dalam menghitung harga pokok produk perusahaan mengelompokkan biaya produksi yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja produksi Cigabung dengan biaya pemasaran, tanpa memperhitungkan biaya penyusutan aktiva tetap. Setelah dilakukan analisa biaya pemasaran tidak termasuk dalam komponen biaya produksi. Dari perhitungan penulis, didapat harga pokok produksi sebesar Rp 2.593,- per lusin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 20 Apr 2011 16:42
Last Modified: 10 Oct 2011 02:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11861

Actions (login required)

View Item View Item