Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PERJANJIAN PENERBITAN UNAND CARD PADA PT. BNI (PERSERO) Tbk CABANG IMAM BONJOL PADANG

Rahmadani, Yulia (2008) PELAKSANAAN PERJANJIAN PENERBITAN UNAND CARD PADA PT. BNI (PERSERO) Tbk CABANG IMAM BONJOL PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PERJANJIAN PENERBITAN UNAND CARD PADA PT. BNI (PERSERO) Tbk CABANG IMAM BONJOL PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (373Kb) | Preview

Abstract

Pada saat ini kebutuhan masyarakat selalu meningkat, sementara kemampuan untuk mencapai sesuatu yang diinginkan terbatas. Dalam hal ini diperlukan bantuan dari Bank dalam bentuk permodalan yang disebut kredit. Kalau kita lihat terus perkembangan Bank dalam melakukan pelayanan terhadap keinginan masyarakat terutama mereka yang cukup sibuk dalam urusan bisnis atau urusan pribadi yang menggunakan uang dalam jumlah cukup besar dimana uang tersebut harus pula mereka bawa dalam melakukan kegiatan bisnis atau hal lain maka kalau kita lihat ini tentu kurang baik apalagi jika dilihat dari keamanan bagi si pembawa uang. Dari hal tersebut diatas timbullah ide dari pihak perbankan untuk mengeluarkan semacam alat pmbayaran yang aman yang disebut karfu kredit. Oleh karena penulis ingin mengetahui lebih mendalam tentang pelaksanaan perjanjian penerbitan karfu kredit maka penulis mengangkat masalah Pelaksanaan Perjanjian Penerbitan LInand Card yada PT. BNI (persero) Tbk cabang Imam Bonjol Padang. Berdasarkan uraian di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan perjanjian penerbitan unand card pada BM cabang Imam Bonjol Padang, bagaimana hak dan kewajiban para pihah bagaimana manfaat dan permasalahan yang timbul dalam penggunaan Unand Card serta penyelesaiannya. Untuk menjawab pertanyaan di atas maka dilakukan penelitian dengan metode penelitian secara yundis sosiologis. Penulis menggunalian prosedur pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder dan penelitian lapangan untuk mendapatkan data primer dengan menggunakan instrumen wawancara dan studi kepustakaan dengan mempelajari literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan perjanjian penerbitan unand card pada PT. Bank. Negara Indonesia cabang Imam Bonjol Padang mempunyai persyaratan umum dan khusus, dimana nasabah terlebih dahulu mengisi formulir aplikasi dan menandatanganinya serta melengkapi dokumen yang diminta. Sedangkan pemegang Unand Card berhak menggunakan Unand Card sebagai alat pembayaran dan berkewajiban membayar tagihan ke pihak Bank. Penerbit berhak atas pembayaran dari pemegang kartu dan berkewajiban menjamin pembayaran dengan menggunakan Unand Card. Salah satu manfaat Unnnd Card ini adalah mendapatkan diskon khusus untuk seminar dan permasalahan yang timbul penggunaan unand card pada dasarnya meliputi 2 aspek yaitu aspek bidang perdata mengenai sanksi ganti rugi apabila pemegang kartu menunggak pembayaran pada bank dan aspek bidang pidana yaitu timbulnya tindakan pidana seperti pemalsuan, pencurian dan penipuan kartu kredit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 20 Apr 2011 11:05
Last Modified: 04 Oct 2011 04:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11982

Actions (login required)

View Item View Item