Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN MASYARAKAT DENGAN PENGETAHUAN TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN KEMENDAPOAN KERINCI

Maryani, Maryani (2008) HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN MASYARAKAT DENGAN PENGETAHUAN TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN KEMENDAPOAN KERINCI. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN MASYARAKAT DENGAN PENGETAHUAN TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN KEMENDAPOAN KERINCI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (518Kb) | Preview

Abstract

Pada tahun 1979 lahir Undang-Undang No. 5 tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa yang mengatur pemerintatran dibawah tingkat kecamatan adalah pemerintahan desa/kelurahan dengan demikian sistem pemerintahan terendah Kabupaten Kerinci berganti nama menjadi desa yang semula bernama Kemendapoan. Pentingnya diberlakukan kembali Sistem Pemerintahan Kemendapoan karena adat istiadat kebiasaan masyarakat dan lembaga adat yang hidup ditengah-tengah masyarakat masih memegang peranan penting dalam menggerakkan kehidupan masyarakat dalam berbagai hal. Penelitian ini mengkaji bagaimana hubungan tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan terhadap persepsi masyarakat tentang pengetahuan mengenai Sistem Pemerintahan Kemendapoan. Penelitian ini menggunakan konsep persepsi dengan menggunakan variabel tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan. Pendekatan yang digunakan adatah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei dan tipe penelitian penjelasan (explanatory). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara langsung. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Analisis data menggunakan program SPSS 16.0 dengan uji hipotesis menggunakan Chi-Square dan koefisien kontigensi dengan menampilkan tabel frekuensi dan tabulasi silang. Dari analisis data" diperoleh kesimpulan bahwa bahwa variabel tingkat pendidikan memiliki hubungan dengan persepsi masyarakat tentang pengetahuan mengenai Sistem Pemerintahan Kemendapoan dengan nilai koefisien kontigensi kedua variabel adalah 0,305 yang artinya hubungan kedua variabel merupakan hubungan positif yang sedang. Sedangkan jenis pekerjaan tidak memiliki hubungan dengan persepsi masyarakat tentang pengetahuan mengenai Sistem Pemerintahan Kemendapoan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 21 Apr 2011 23:43
Last Modified: 21 Apr 2011 23:43
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12184

Actions (login required)

View Item View Item