Repository Universitas Andalas

Studi Tingkat Aksesibilitas (Jarak, Waktu, Biaya dan Moda) Mahasiswa ke Kampus Unand Limau Manis

Melli, Melli (2008) Studi Tingkat Aksesibilitas (Jarak, Waktu, Biaya dan Moda) Mahasiswa ke Kampus Unand Limau Manis. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Studi Tingkat Aksesibilitas (Jarak, Waktu, Biaya dan Moda) Mahasiswa ke Kampus Unand Limau Manis) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (778Kb) | Preview

Abstract

Universitas merupakan pusat aktifitas yang menarik pergerakan orang terutama civitas akademikanya. Universitas Andalas berada 13 km dari pusat Kota Padang. Letaknya yang relatif jauh membuat permasalahan tersendiri. Permasalahan yang mendasar adalah aksesibilitas civitas akademika. Aksesibilitas merupakan tingkat kemudahan suatu lokasi dihubungkan dengan lokasi lainnya lewat jaringan transportasi yang ada. Tingkat aksesibilitas dapat ditinjau dari jarak, waktu perjalanan, biaya pe1alanan, dan kemudahan akses angkutan umum (transit). Untuk mengukur tingkat aksesibilitas civitas akademika Unand ke kampus, variabe/parameter di atas digunakan dalam analisis. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Andalas angkatan 2006 yang masih aktif mengikuti perkuliahan pada semester II tahun akademik 2006 - 2007. Penelitian ini juga menggunakan software yang berbasiskan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk membantu proses penampilan hasil pengolahan data. Hasil dari penelitiaan ini dapat menjadi dasar untuk mengambil kebijaksanaan dalam perencanaan dan penyediaan moda angkutan bagi mahasiswa. Peningkatan dan penyediaan moda pada hakekatnya akan dapat mengurangi jumlah transit, menekan biaya dan mempersingkat waktu perjalanan. Dari penelitian ini diperoleh bahwa sebaran tempat tinggal mahasiswa paling banyak berada di Kecamatan Pauh dengan persentase sebesar 55,81%. Pada kecamatan ini tingkat aksesibilitas baik dari segi jarak, waktu, biaya, dan moda transportasi yang digunakan tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 13 May 2011 08:05
Last Modified: 12 Oct 2011 07:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12276

Actions (login required)

View Item View Item