Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN SISTEM MONITORING RUMAH/RUANGAN MENGGUNAKAN WEBCAM BERBASIS MULTIMEDIA MESSAGING SERVICE (MMS)

Merry, Rafika (2008) PERANCANGAN SISTEM MONITORING RUMAH/RUANGAN MENGGUNAKAN WEBCAM BERBASIS MULTIMEDIA MESSAGING SERVICE (MMS). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN SISTEM MONITORING RUMAH/RUANGAN MENGGUNAKAN WEBCAM BERBASIS MULTIMEDIA MESSAGING SERVICE (MMS)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (344Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penggunaan jaringan GPRS dan WAP sebagai media penyaluran sinyal kontrol dan Webcam sebagai monitoring, yang dapat digunakan sebagai sistem keamanan ruangan, karena pada saat sekarang ini tindak kejahatan dan pencurian semakin meningkat, maka semakin besar pula kebutuhan akan peralatan yang dapat memonitor suatu ruangan yang dapat diakses melalui suatu media jaringan Multimedia Messaging Service ( MMS ) dapat memonitor dari jarak jauh melalui jaringan GPRS. Untuk memonitor ruangan dalam jarak yang jauh tersebut, dibutuhkan sebuah Peralatan yang berfungsi sebagai pengambilan gambar dalam suatu ruangan, dan memakai jaringan GPRS sebagai media pengiriman gambar yang telah didapat. Peralatan tersebut dirancang dengan mengimplementasikan komponen - komponen sistem yang melipui infra red dan photo diode sebagai sensor, webcam sebagai media pengambilan gambar yang akan dikirimkan, handphone yang berfungsi sebagai modem untuk media pengiriman gambar dengan memakai jaringan selular atau jaringan GPRS, dan menggunakan suatau bahasa pemograman Visual Basic (VB). Hasil penelitian menunjukkan alat yang dibuat dapat berfungsi dengan baik dan dapat dikembangkan untuk skala yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Apr 2011 02:22
Last Modified: 12 Oct 2011 08:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12348

Actions (login required)

View Item View Item