Repository Universitas Andalas

SEMIOTIC ANALYSIS OF FEMALE CELEBRITY'S FRAGRANCE ADVERTISEMENTS

Pratiwi, Anne (2008) SEMIOTIC ANALYSIS OF FEMALE CELEBRITY'S FRAGRANCE ADVERTISEMENTS. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (SEMIOTIC ANALYSIS OF FEMALE CELEBRITY'S FRAGRANCE ADVERTISEMENTS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (333Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan sebuah kajian Semiotika pada iklan wewanginan selebriti wanita. Dalam skripsi ini penulis menganalisis makna tanda yang terdapat pada halaman iklan. Peirce membagi tanda menjadi tiga bagian berdasarkan hubungan penanda "penanda" (signifier) dan "petanda" (signified) yaitu ; ikon (icon), simbol (symbol), dan indeks (index). Analisis ini hanya difokuskan pada simbol- simbol yang terdapat pada iklan. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memahami dan menginterpretasikan simbol pada iklan wewangian selebriti wanita. Interpretasi pada masing-masing iklan dikaitkan dengan fungsi iklan sebagai media promosi. Data diambil dari iklan wewangian selebriti wanita yang diunduh dari internet sebanyak sepuluh iklan. Simbol yang ditemukan pada masing-masing halaman iklan dianalisis dengan menggunakan teori "pertandaan bertingkat" (order signification) yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Dalam hal ini Barthes mengemukakan bahwa ada dua sistem pertandaan bertingkat dari sebuah tanda yaitu, sistem "denotasi" sebagai sistem "pertandaan pertama" (first order signification) dan sistem "konotasi" sebagai sistem "pertandaan kedua" (second order signification). Seterusnya penulis menjabarkan hubungan antara kedua sistem tersebut dengan mengidentifikasikan makna-makna yang ada sehingga makna simbol dapat diinterpretasikan oleh pembaca. Dari analisis simbol pada iklan wewangian selebriti wanita, ditemukan banyak variasi dalam memaknai simbol khususnya secara konotatif (connotative meaning). Satu simbol dapat diinterpretasikan ke dalam berbagai ide, seperti warna hitam dapat menyimbolkan gelap, elegan, kekuatan, malam, kesengsaraan dan lain sebagainya. Pemilihan makna yang tepat sebagai acuan interpretasi dikaitkan pada fungsi iklan sebagai media promosi. Selain itu penggunaan selebriti sebagai model iklan secara langsung memperkuat daya jual dari iklan tersebut. Popularitas dan kesan seorang artis menjadi sebuah himbauan pada masyarakat bahwa menjadi seperti seorang artis dapat diraih dengan memiliki wewangian milik artis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 06:32
Last Modified: 10 Oct 2011 04:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13192

Actions (login required)

View Item View Item