Repository Universitas Andalas

Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Ekspor Terhadap Kemiskinan di Indonesia (Tahun 1999-2008)

ADISTI, ADILA (2010) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Ekspor Terhadap Kemiskinan di Indonesia (Tahun 1999-2008). Other thesis, FAKULTAS EKONOMI.

[img]
Preview
PDF ( Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Ekspor Terhadap Kemiskinan di Indonesia (Tahun 1999-2008)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (343Kb) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dapat dikatakan berhasil jika manfaat pertumbuhan dapat dirasakan oleh masyarakat miskin. Dalam teori ekonomi dijelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi berhubungan positif dengan ekspor. Peningkatan perfumbuhan ekonomi yang didorong oleh ekspor berdampak negatif terhadap pengurangan kemiskinan. Dalam skripsi ini akan dikaji dampak dari pertumbuhan ekonomi dan ekspor terhadap kemiskinan di Indonesia. Analisis ekonometrik dengan metode General Least Square (GLS) digunakan untuk melihat hubungan ketiga variabel berdasarkan data time series dan cross section (tahun 1999-2008) 26 propinsi dari 33 provinsi yang ada. Hasilnya menunjukan bahwa ada pengaruh negatif dan signifikan pertumbuhan ekonomi dan ekspor terhadap kemiskinan di Indonesia. Sedangkan di tingkat propinsi, terdapat beberapa propinsi yang memiliki hubungan yang sama diantaranya Propinsi Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Maluku, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Barat .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 27 May 2011 03:13
Last Modified: 27 May 2011 03:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13405

Actions (login required)

View Item View Item