Repository Universitas Andalas

STUDI PENGARUH PEMASANGAN KAWAT KASA PADA SAMBUNGAN DINDING BATA RUMAH SEDERHAAN AKIBAT BEBAN SIKLIK

RIDO, RIDO (2010) STUDI PENGARUH PEMASANGAN KAWAT KASA PADA SAMBUNGAN DINDING BATA RUMAH SEDERHAAN AKIBAT BEBAN SIKLIK. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (STUDI PENGARUH PEMASANGAN KAWAT KASA PADA SAMBUNGAN DINDING BATA RUMAH SEDERHAAN AKIBAT BEBAN SIKLIK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (221Kb) | Preview

Abstract

Gempa bumi yang melandq Sumatera Barat, 6 Mqret 2007 dan 30 September 2009 rnerupakan salah satu bentuk pengulangan gempa di masa lalu dan merupakan petunjuk yang jelas bahwa belum banyak yang dilakukan berkaitan dengan rumah sederhana- Berdasarkan temuan di hampir semua gempa yang menimpa daerah Sumatera Barat tersebat, bangunan ysg mengalami kerusakan dan roboh adalah rumah sederhana yang dibangun secara spontan (non engineered building). Dimana bangunan yang dibangun berdasarkan pengalaman prakis dan kekuatan strukturnya tidak dihitung. salah satu bentuk 'kesalahan konstruksi pada bangunan yang terdapat di Sumatera Barat ini adalah bangunan tidak memiliki elemen struktur berupa kolom. Dimana fungsi kolom digantiktn langsung oleh sambungan dinding bata. Bentuk kerusakan pada bangunan ysng terjndi okibat gempa adalah terjadi retak dan pemisahan pada sambungan dinding bata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 27 May 2011 02:53
Last Modified: 27 May 2011 02:53
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13632

Actions (login required)

View Item View Item