Repository Universitas Andalas

PENGARUH VARIASI GEOMETRI TIKUNGAN TERHADAP KARAKTERISTIK PENYEBARAN SEDIMEN DAN PEMBENTUKAN LAPISAN ARMOURING DI DASAR SALURAN

Daoed, Darwizal and H, Shubhi N. and Junaidi, Junaidi (2009) PENGARUH VARIASI GEOMETRI TIKUNGAN TERHADAP KARAKTERISTIK PENYEBARAN SEDIMEN DAN PEMBENTUKAN LAPISAN ARMOURING DI DASAR SALURAN. Working Paper. Fakultas Teknik. (Unpublished)

[img] Microsoft Word (PENGARUH VARIASI GEOMETRI TIKUNGAN TERHADAP KARAKTERISTIK PENYEBARAN SEDIMEN DAN PEMBENTUKAN LAPISAN ARMOURING DI DASAR SALURAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (636Kb)

Abstract

Proses angkutan sedimen merupakan permasalahan yang selalu muncul bersamaan dengan adanya aliran air di sepanjang sungai . Pada umumnya sungai memiliki bentuk saluran yang berkelok-kelok dan terdiri dari batuan besar yang yang relatif lebih sulit mengalami pelapukan dan erosi. Karakteristik batuan yang tidak mudah tererosi ini menyebabkan pembentukan profil dasar saluran yang cenderung tidak beraturan Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan permodelan saluran terbuka berupa sediment transport flume dengan panjang total 12.5 m, lebar 0.4, tinggi saluran 0.4 m, menggunakan empat variasi belokan yaitu belokan, 600, 900, 1200, dan 1500. Penelitian dilakukan dengan dengan tiga variasi debit yaitu 5,35 l/s (Debit Besar), 3,61l/s (Debit Sedang) dan 2,97 l/s (Debit Kecil). Parameter yang diamati adalah variasi debit, distribusi kecepatan, profil aliran dan profil dasar saluran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerusan terbesar terjadi di sisi luar belokan terutama pada bagian awal belokan, dan sebaliknya pengendapan cenderung terjadi di sisi dalam belokan terutama pada bagian akhir belokan. Sedangkan pengaruh perbedaan sudut belokan menunjukkan bahwa semakin runcing sudut belokan yang terjadi akan semakin ekstrim juga proses degradasi dan agradasi yang terjadi pada masing-masing sisi belokan tersebut diatas. Hasil tersebut juga sebanding dengan berat sedimen yang terangkut pada masing masing kondisi tersebut, misalnya pada debit 4.63 l/s sebesar 0.0529 kg pada belokan 120˚ dan 0.0382 kg pada belokan 150˚. Keywords : Geometri Tikungan, Sebaran Sedimen, Lapisan Armouring

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: SSi diana zulyetti
Date Deposited: 01 Jun 2010 02:13
Last Modified: 01 Jun 2010 02:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item