Repository Universitas Andalas

EKSPLORASI CENDAWAN MIKORIZA ARBUSKULA (CMA) INDIGENOUS YANG BERASOSIASI DENGAN Begonia resecta DI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI (HPPB)

Noli, Zozy A and Surya, Netty W and Sari, Esti Maitika (2008) EKSPLORASI CENDAWAN MIKORIZA ARBUSKULA (CMA) INDIGENOUS YANG BERASOSIASI DENGAN Begonia resecta DI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI (HPPB). Seminar Nasional Biologi Departemen Biologi FMIPA USU .

[img]
Preview
Image (JPEG) (abstrak seminar nasional biologi usu 2011)
Download (521Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian tentang Esplorasi Cendawan Mikoriza Arbuskula (CMA) Indigenous yang Berasosiasi dengan Tanaman Begonia resecta L. telah dilakukan dari bulan Mei sampai Oktober 2009 di Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi, Rumah Kaca, dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Kultur Jaringan Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Laboratorium Bioteknologi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman CMA yang berasosiasi dengan rhizosfer akar tanaman Begonia resecta di Hutan Penelitian dan Pendidikan Biologi (HPPB). Penelitian ini menggunakan metode survey untuk pengambilan sampel. Dari hasil penelitian ditemukan 3 genus CMA yaitu genus Glomus, Acaulospora dan Gigaspora. Jumlah spora CMA Indigenous yang paling banyak ditemukan dilapangan adalah genus Acaulospora dan setelah dilakukan trapping dengan menggunakan tanaman inang Zea mays, didapatkan jumlah spora paling tinggi pada genus Glomus, diikuti oleh Acaulospora dan Gigaspora. Kata kunci : Begonia resecta, Mikoriza, HPPB

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QK Botany
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Mr m idris
Date Deposited: 25 May 2011 14:37
Last Modified: 06 Oct 2011 03:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13760

Actions (login required)

View Item View Item