Erienh, Rehk Sonya (2008) PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PROGRAM A DAN PROGRAM B PSIK FK UNAND DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KLINIK TAHAP PROFESI. Other thesis, Fakultas Kedokteran.
|
PDF (PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PROGRAM A DAN PROGRAM B PSIK FK UNAND DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KLINIK TAHAP PROFESI)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (561Kb) | Preview |
Abstract
Kecemasan merupakan gejala umum dan merupakan bagian dari kehidupan manusia. Kecemasan dapat menjadi tantangan, faktor motivasi yang kuat untuk menghadapi penyeleseian masalah dan pencapaian fungsi individu yang lebih tinggi. Pada saat kecemasan tidak dapat dikontrol maka akan muncul dampak negatif. Mahasiswa PSIK pun tidak bisa lepas dari cemas. Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) FK UNAND melaksanakan 2 jalur pendidikan yaitu program A dan program B. Dari kedua program tersebut memiliki tingkat kecemasan tersendiri yang dialami oleh mahasiswanya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini perlu ditinjau untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan antara mahasiswa PSIK UNAND dalam melaksanakan pembelajaran klinik tahap profesi ners. Penelitian ini dilakukan dengan studi komparatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program A dan program B PSIK UNAND yang sedang dalam pembelajaran klinik tahap profesi. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 8 Maret-3 April 2010. Terdapat 70 responden, terdiri dari 20 untuk program A dan 50 untuk program B. Pengambilan data menggunakan instrumen TMAS untuk mengetahui tingkat kecemasan. Hasil penelitian didapatkan 12 responden (60%) mahasiswa program A mengalami tingkat kecemasan ringan dan 23 responden (46%) mahasiswa program B mengalami tingkat kecemasan sedang. Hasil uji statistik uji T tidak berpasangan menunjukan nilai p<0,05 yang artinya terdapat perbedaan rerata tingkat kecemasan pada program A dan program B. Seluruh mahasiswa program A dan program B harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melaksanakan pembelajaran klinik tahap profesi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Unit atau Lembaga: | Kedokteran > Program Studi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Haryoshi Utami |
Date Deposited: | 30 May 2011 13:35 |
Last Modified: | 04 Oct 2011 02:38 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14042 |
Actions (login required)
View Item |