Repository Universitas Andalas

ANALISIS PENDAPATAN KELUARGA PETANI DI DESA BINUANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

RISDA., ARDHIWINATA (2008) ANALISIS PENDAPATAN KELUARGA PETANI DI DESA BINUANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Other thesis, Fakultas Pertanian. .

[img]
Preview
PDF ( ANALISIS PENDAPATAN KELUARGA PETANI DI DESA BINUANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (693Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Binuang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September sampai Oktober 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aktivitas- aktifitas ekonomi yang dilakukan petani untuk meningkatkan pendapatan keluarganya dan menganalisis pendapatan petani sekfor pertanian dan non pertanian. Metode yang digunakan adalah metode survey, data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Jumlah sampel yang diambil adalah 29 rumah tangga petani. Analisa data berupa analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu untuk mengidentifikasi aktifiitas ekonomi petani dan menghitung pendapatan petani. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa aktifitas ekonomi yang dilakukan petani pada sektor pertanian usahatani padi dan karet. Aktivitas lainnya yang dilakukan keluarga petani pengolahan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan, pemeliharaan dan panen. Selain itu petani juga memiliki pekerjaan sampingan yang bertujuan untuk menambah pendapatan rumah tangganya. Petani padi memiliki pekerjaan sampingan seperti buruh, penjahit, penarik becak, pangkas rambut dan guru ngaji. Untuk petani karet memiliki pekerjaan sampingan seperti berdagang. Waktu yang yang dipergunakan oleh petani padi dan karet untuk melakukan usaha taninya atau sektor pertanian berada pada rentang I - 4 jam per hari. Sedangkan waktu yang dipergunakan petani untuk pekerjaan sampingannya atau sektor non pertanian berada pada rentang 5 - 8 jam per hari selama musim tanam Juli-Oktober 2009. Dari hasil penelitian diperoleh pendapatan petani disektor pertanian sebesar Rp.719.798,14,-00 sedangkan sektor non pertanian diperoleh sebesar Rp.889.655,18,-00. Dari hasil perhitungan pendapatan di dapatkan bahwa di Desa Binuang terdapat 18 Orang petani miskin dari total 29 Orang sampel yang ada. Kriteria petani miskin ini di tentukan berdasarkan kriteria pendapatan Badan Pusat Statistik Kampar 2AA9 terhadap pendapat yang harus dimiliki oleh masih-masing rumah tangga. Disarankan petani hendaknya lebih meningkatkan keterampilan-keterampilan tertentu yang dapat dijadikan pekerjaan, karena banyak ragam pekerjaan yang dijadikan peluang untuk meningkatkan pendapatan. Selain itu hendaknya dinas terkait memberikan penyuluhan dan pelatihan-pelatihan yang intensif lagi baik disektor pertanian maupun non pertanian agar pengetahuan petani lebih berkembang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 31 May 2011 22:01
Last Modified: 04 Oct 2011 04:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14056

Actions (login required)

View Item View Item