Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN TERHADAP HAK ANAK SEBAGAI BENTUK DARI PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA

Wahyudi, Hendra (2008) PERLINDUNGAN TERHADAP HAK ANAK SEBAGAI BENTUK DARI PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN TERHADAP HAK ANAK SEBAGAI BENTUK DARI PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (565Kb) | Preview

Abstract

Negara Indonesia adalah negara hukum, dimana salah satu ciri negara hukum adalah adanya perlindungan hak asasi manusia. Hak Asasi Manusia itu sendiri dapat diartikan sebagai seperangkat hak dasar yang melekat pada diri manusia yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa yang wajib dilindungi dan dihormati oleh negara, pemerintah dan setiap orang. Di Indonesia, setelatr reformasi dan amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, pengaturan mengenai Hak Asasi Manusia lebih mendapatkan perhatian dari pemerintah dan masyarakat Indonesia. Ini dapat dilihat dari adanya satu Bab XA yang mengatur tentang Hak Asasi Manusia pada Undang-Undang Dasar Negara Republik lndonesia 1945 dan juga adanya Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Hak Anak termasuk salah satu bagian penting dari Hak Asasi Manusia, karena anak adalah amanah dan karunia bagi setiap manusia, yang mana harus dipenuhi setiap haknya sehingga dapat tumbuh kembang dengan optimal, dimana kelak anak akan menjadi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Kasus-kasus pelanggaran terhadap Hak Anak masih sering terjadi, dan bahkan cenderung terus meningkat jumlahnya. Hal ini membuktikan bahwa masih diperlukannya upaya perlindungan yang lebih dari pemerintah dan masyarakat dalam melindungi Hak Anak dan berupaya mencegah terjadinya pelanggaran Hak Anak di Indonesia. Permasalahan dalam tulisan ini adalah: Bagaimanakah bentuk perlindungan terhadap Hak Anak yang diatur dalam undang-undang Hak Asasi Manusia dan Perlindungan Anak di Indonesia? Bagaimanakah tanggung jawab pemerintah dalam upaya perlindungan terhadap Anak? Bagaimanakah Penegakan hukum dan HAM terhadap Anak di Indonesia? Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan yuridis normatif. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk perlindungan terhadap Hak anak adalah perlindungan di bidang agamq pendidikan, kesehatan, sosial dan perlindungan khusus. Salah satu contohnya adalah pelayanan kesehatan cuma-cuma bagi anak dari keluarga kurang mampu. Sedangkan bentuk tanggung jawab pemerintah berupa penghormatan dan jaminan terhadap hak asasi anak, pemberian sarana dan prasarana yang mendukung kebufuhan anak, pengawasan terhadap penyelenggaraan perlindungan anak dan jaminan pada anak untuk mempergunakan haknya dalam menyampaikan pendapat. Sebagai contoh pada anak korban perceraian, dapat memberikan pendapatnya untuk memilih ikut pada ibu atau ayahnya. Adapun Penegakan hukum dan HAM terhadap anak dilakukan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 31 May 2011 23:42
Last Modified: 04 Oct 2011 06:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item View Item