Repository Universitas Andalas

Analisis Suara Lengkingan Rem Kendaraan Melalui Interaksi Modus Getar dan Pencegahannya Dengan Optimasi Struktur

Rusli, Meifal and Lovely , Son and Satria, Eka (2009) Analisis Suara Lengkingan Rem Kendaraan Melalui Interaksi Modus Getar dan Pencegahannya Dengan Optimasi Struktur. Working Paper. Fakultas Teknik. (Unpublished)

[img] Microsoft Word (Analisis Suara Lengkingan Rem Kendaraan Melalui Interaksi Modus Getar dan Pencegahannya Dengan Optimasi Struktur) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (34Kb)

Abstract

Suara lengkingan (squeal noise) merupakan salah satu sumber polusi suara pada kendaraan bermotor dan kendaraan rel. Suara ini bersumber dari getaran tak stabil dari dua struktur atau komponen mesin yang saling bergesekan. Suara ini sering terjadi pada komponen rem. Tidak saja pada rem yang sudah mulai mengalami keausan, tetapi juga ditemukan pada rem yang baru. Tidak hanya masalah kenyamanan pendengaran masyarakat, tetapi juga yang lebih penting adalah pengaruhnya terhadap keamanan berkendaraan. Suara lengkingan, pada komponen rem seringkali ditemukan dalam saat proses pengereman dilakukan, tidak saja pada rem yang sudah mulai mengalami keausan, tetapi juga ditemukan pada rem yang baru (Toyota, 2008). Beberapa teori yang menjelaskan mekanisme munculnya suara lengkingan akibat gesekan telah banyak dikembangkan. Akan tetapi belum ditemukan penjelasan yang secara lengkap yang dalam menjawab semua fenomena ini, baik pada roda kendaraan rel maupun pada rem kendaraan bermotor (Ibrahim dkk, 1994; Kinkaid dkk, 2003). Usaha untuk mencegah dan meredam terjadinya bunyi lengkingan inipun sudah berkembang lebih jauh, akan tetapi belum memberikan hasil yang memuaskan. Permasalahan kegagalan ini disebabkan karena masih belum dipahaminya dengan baik dan lengkap mekanisme munculnya getaran tak stabil yang menimbulkan bunyi lengkingan tersebut. Pada penelitian ini penulis melakukan analisis dengan mengamati interaksi modus getar yang terjadi pada rem kendaraan. Identifikasi tingkat sensitifitas ketidakstabilan struktur terhadap parameter gesekan ini menjadi dasar untuk pengembangan metode pencegahannya. Optimasi struktur untuk menurunkan atau mengeleminasi tingkat sensitifitas ini menjadi ide pengembangan selanjutnya. Keberhasilan penelitian ini, akan menjadi dasar pengembangan teknologi pencegahannya dalam skala yang lebih luas. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa, getaran tak stabil terjadi karena beberapa modus getar struktur sangat sensitif terhadap parameter gesekan, sehingga terjadi interaksi tak stabil antar modus yang berdekatan (Rusli dkk, 2007). Pada penelitian ini identifikasi tingkat sensitifitas kestabilan rem dan komponennya terhadap berbagai parameter gesekan secara eksperimental dan model elemen hingga (FEM) akan dilakukan. Identifikasi ini menjadi dasar untuk pengembangan metode pencegahan suara lengkingan.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: SSi diana zulyetti
Date Deposited: 01 Jun 2010 02:56
Last Modified: 01 Jun 2010 02:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item View Item