Repository Universitas Andalas

UNIVERSAL TRUTH IN THE THEME OF FIVE SELECTED POEMS BY LORD BYRON: A NEW CRITICISM ANALYSIS.

MIAD. , INDRA (2008) UNIVERSAL TRUTH IN THE THEME OF FIVE SELECTED POEMS BY LORD BYRON: A NEW CRITICISM ANALYSIS. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (UNIVERSAL TRUTH IN THE THEME OF FIVE SELECTED POEMS BY LORD BYRON: A NEW CRITICISM ANALYSIS. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (601Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kebenaran universal yang terdapat pada tema dari lima puisi karya Lord Byron, yaitu The Eve of Waterloo, The Destruction of Sennacherib, On This Day I Complete My Thirty-Sixth Year, Darkness, dan Churchill's Grave. Dengan asumsi bahwa karya sastra yang agung memiliki kebenaran universal, penulis menjelaskan bahwa kelima puisi tersebut mengandung kebenaran-kebenaran universal yang terdapat pada tema puisi-puisi tersebut. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif penulis menggunakan teori kritik baru untuk menganalisis data primer. Penulis menggunakan prosedur untuk menganalisis data dalam kritik baru yang disusun oleh Rob Pope, yaitu membahas tentang tensi utama struktur, bekstil, dan tema yang oleh elemen-elemen tersebut Penelitian menunjukkan bahwa kelima puisi diatas mengandung satu kebenaran niversal yang terbentuk dari kebenaran-kebenaran universal yang terdapat pada kelima tema puisi tersebut yaitu bahwa tak ada satu hal pun yang dapat bertahan lama semuanya memiliki masanya masing-masing. Kebenaran universal utama tersebut didapat dari kelima tema puisi Lord Byton, yaitu ketidak waspadaan yang berujung pada malapetaka (The Eve of Waterloo), semua hal mempunyai masa jaya dan masa kehancuran (The Destruction of Sennacherib), perang dapat membangkitkan rasa patriotisme dan keputusasaan, biarkan rasa patriotisme itu mengalir di dalam pikiran kita alih-alih rasa keputusasaan (On This Day I Complete My Thirty-Sirth Year), manusia tak akan bisa melawan akhir dari dunia (Darkness), dan kejayaan itu tidaklah bersifat abadi dan tidak bisa dijamin akan bisa bertahan selamanya (Churchill's Grave).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 06 Jun 2011 23:06
Last Modified: 04 Oct 2011 02:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14263

Actions (login required)

View Item View Item