Repository Universitas Andalas

PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PELUMASAN MOTOR DIESEL MTU 12V 396 PADA LOKOMOTIF BB 306 PT. KERETA API (PERSERO)

Jalila, Shabrun (2008) PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PELUMASAN MOTOR DIESEL MTU 12V 396 PADA LOKOMOTIF BB 306 PT. KERETA API (PERSERO). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PELUMASAN MOTOR DIESEL MTU 12V 396 PADA LOKOMOTIF BB 306 PT. KERETA API (PERSERO)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (628Kb) | Preview

Abstract

Perawatan dan perbaikan suatu mesin sangat penting dalam penentuan umur mesin itu sendiri. Melihat motor diesel adalah sebagai penggerak utama pada kereta api yang tempatnya berada pada bagian lokomotif, jika terjadi kendala atau kerusakan, maka kereta api tidak dapat beroperasi, sehingga perlu dilakukan perawatan dan perbaikan terhadap motor dieselnya. Motor diesel yang dipakai pada lokomotif BB 306 adalah MTU l2V 396 yaitu terdiri dari 12 silinder, konstruksi silinder berbentuk V, empat langkah (four stroke), total silinder 47,5 liter. Untuk menjaga performa dan efisiensi kerja dari motor diesel ini, maka perlu dilakukan perawatan dan perbaikan pada komponen-komponen motor diesel khususnya pada sistem pelumasan yang meliputi pemeriksaan harian (dayly chek), pemeriksaan berkala, perawatan berkala dan perbaikan terhadap gejala kerusakan. Perawatan pada sistem pelumasan motor diesel MTU 12V 396 adalah penggantian minyak pelumas, perawatan saringan minyak pelumas (oil filter), perawatan pompa minyak pelumas (oil pump) dan perawatan oil heat exchanger. Gejala kerusakan yang terjadi adalah engine susah hidup yang disebabkan oleh tekanan oli rendah sehingga sensor tekanan oli tidak dapat mengaktifkan selenoid pada injection pump. Pemakaian minyak pelumas yang boros disebabkan keausan komponen engine yaitu piston, ring piston dan blok silinder. Tekanan minyak pelumas naik yang disebabkan oleh bercampurnya minyak pelumas dengan cairan pendingin (air) di dalam engine dan katup pengatur tekanan tidak berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Jun 2011 23:06
Last Modified: 04 Oct 2011 04:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14345

Actions (login required)

View Item View Item