Repository Universitas Andalas

TANGGUNG JAWAB PENERBIT ATAS PENYEDIAAN DANA DALAM PENERBITAN SURAT CEK PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SUMATERA BARAT

Putri, Diah Wulandari (2008) TANGGUNG JAWAB PENERBIT ATAS PENYEDIAAN DANA DALAM PENERBITAN SURAT CEK PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (TANGGUNG JAWAB PENERBIT ATAS PENYEDIAAN DANA DALAM PENERBITAN SURAT CEK PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (601Kb) | Preview

Abstract

Dengan bertambah pesatnya perkembangan dalam dunia usaha dan perdagangan sehingga menyebabkan orang lebih menginginkan segaia sesuatunya lebih bersifrt praktis dan aman serta dapat dipertanggung jawabkan, untuk itu diperlukan suatu intrumen pembayaran giral, yakni dingan menggunakan surat- surat berharga dalam lalu lintas pembayaran terutama penggunaan surat cek sebagaimana telah diatur dalam Pasal 178-229d KUHD. -Dalam perkembangan penggunaan surat cek, timbul pefinasalahan dari penerbitan stral cek itu r"trOiri terkait tanggung jawab penerbit dalam hal penyediaan dana. Maka untuk mengetahui masalah tersebut penulis mengemukakan permasalahan sebagai berikut: 1). Bagaimana tata cara dan syarat-syarat menerbitkan surat cek pada pT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat. 2). Bagaimana bentuk tanggung jawab penerbit atas penyediaan dana dalam penerbitan surat cek pada pT. gaok Pembangunan Daerah Sumatera Barat. Guna membahas permasalahan di atas penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian adalah secara Yuridis Sosiologis dan data yang diperlukan adalah data primer dan data sekunder, dimana untuk mendapatkan data tersebut p"t rriir melakukan peneiitian kepustakaan dengan merujuk buku-buku yang relevan dengan pokok permasalahan, serta melakukan penelitian lapangan padaPT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat dan melakukan wawancara terhadap beberap* ot*g. Dari hasil penelitian dan setelah diolah dengan menggunakan analisa tualitatif fenulis berkesimpulan bahwa untuk memperoleh surat cek pada PT. Bank Pembangunan Daeralr Sumatera Barat sangatlah sederhana dan mudah, yaitu cukup dengan mendaftar sebagai nasabah pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumalera Barat,tidak tercatat dalam daftar buku hitam (black list) di daftar hitam Bank Indonesia, mempunyai saldo minimal untuk biaya cek sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) dan memiliki karakter yang baik,yang mana kemudian penerbit mernilik tanggung jawab untuk menyediakan dana yang cukup pada rekening gironya sehingga pada hari penunjukan surat cek tersebut pada teisangkut dapat dibayarkan dan penerbit bertanggung jawab untuk menjamin pembayaran atas cek yang telah diterbitkannya. Darlkesimpulan diatas dapat diajukan saran yaitu kepada pihak Bank agar dapat membuat suatu aturan khusus tentang kewajiban dalam hal penyediaan dana sehingga dapat mencegah terjadinya penerbitan cek kosong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 06 Jun 2011 23:37
Last Modified: 11 Oct 2011 02:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14407

Actions (login required)

View Item View Item