Repository Universitas Andalas

PENGARUH PEMBERIAN AIR TAPE SINGKONG TERHADAP KADAR AIR, KEASAMAN DAN TOTAL KOLONI BAKTERI SUSU KERBAU FERMENTASI

Mulia, Rizki (2008) PENGARUH PEMBERIAN AIR TAPE SINGKONG TERHADAP KADAR AIR, KEASAMAN DAN TOTAL KOLONI BAKTERI SUSU KERBAU FERMENTASI. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBERIAN AIR TAPE SINGKONG TERHADAP KADAR AIR, KEASAMAN DAN TOTAL KOLONI BAKTERI SUSU KERBAU FERMENTASI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (524Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air tape terhadap kadar air, keasaman dan total koloni bakteri susu kerbau fermentasi. Materi penelitian adalah susu kerbau segar sebanyak 4000 ml, starter bakteri yang didapatkan dari dadih dan air tape singkong. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental menggunakan Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dari lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yaitu pemberian air tape singkong : A=0%, B=1.5%, C=3%, D=4.5% dan E=6%. Variable yang diukur adalah kadar air, keasaman dan total koloni bakteri susu kerbau fermentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian air tape singkong memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0.01) terhadap penurunan kadar air dan peningkatan keasaman serta total koloni bakteri susu kerbau fermentasi yang dihasilkan. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian air tape singkong dalam susu kerbau fermentasi yang terbaik adalah pada perlakuan D yaitu sebanyak 4.5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Jun 2011 02:45
Last Modified: 12 Oct 2011 09:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14426

Actions (login required)

View Item View Item