Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN, PEMBUATAN DAN PENGUJIAN TUNGKU GASIFIKASI DENGAN BAHAN BAKAR LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT

Praja, Eldisa Harly (2008) PERANCANGAN, PEMBUATAN DAN PENGUJIAN TUNGKU GASIFIKASI DENGAN BAHAN BAKAR LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN, PEMBUATAN DAN PENGUJIAN TUNGKU GASIFIKASI DENGAN BAHAN BAKAR LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (523Kb) | Preview

Abstract

Ketergantungan manusia terhadap bahan bakar tidak terbarukan seperti minyak bumi, gas alam dan batubara saat ini semakin meningkat, sedangkan ketersediaannya semakin menipis. Hal ini memicu meningkatnya harga bahan bakar fosil tersebut. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memanfaatkan energi terbarukan dari limbah pertanian dan perkebunan yang banyak dimiliki oleh negara agraris seperti Indonesia. Limbah pertanian dan perkebunan yang umumnya berupa padatan, dapat dimanfaatkan energinya dalam bentuk yang lebih disukai melalui proses gasifikasi, dengan demikian dirancang suatu alat untuk gasifikasi biomassa ini yang diberi nama tungku gasifikasi. Tungku gasifikasi yang dibuat merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan gas mampu bakar dari bahan biomassa berupa tandan kosong kelapa sawit dan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga pengganti kompor berbahan bakar minyak tanah dan gas elpiji. Pada pengujian tungku gasifikasi ini diketahui bahwa tungku ini mempunyai tingkat konsumsi bahan bakar (FCR) sekitar 5 kg TKKS/jam dan efisiensi tungku adalah 11,51%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tungku ini dapat menggantikan kompor minyak tanah ataupun kompor gas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:33
Last Modified: 10 Oct 2011 02:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item View Item