Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN, PEMBUATAN DAN PENGUJIAN TUNGKU GASIFIKASI DENGAN BAHAN BAKAR SEKAM PADI DAN BONGKOL JAGUNG

Armenda, Dicky (2008) PERANCANGAN, PEMBUATAN DAN PENGUJIAN TUNGKU GASIFIKASI DENGAN BAHAN BAKAR SEKAM PADI DAN BONGKOL JAGUNG. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN, PEMBUATAN DAN PENGUJIAN TUNGKU GASIFIKASI DENGAN BAHAN BAKAR SEKAM PADI DAN BONGKOL JAGUNG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (530Kb) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang terus bertambah di Indonesia menyebabkan konsumsi bahan bakar yang tidak terbarukan seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara semakin meningkat, sedangkan ketersediaannya semakin menipis. Hal ini memicu meningkatnya harga bahan bakar fosil tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memanfaatkan energi terbarukan seperti biomassa dan limbah pertanian yang banyak dimiliki oleh negara agraris seperti Indonesia. Melalui proses gasifikasi, energi didalam biomassa tersebut dapat dikonversi menjadi gas bahan bakar, untuk itulah dirancang suatu alat gasifikasi biomassa yang diberi nama tungku gasifikasi. Tungku gasifikasi yang dibuat merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghasilkan gas bahan bakar dari biomassa sekam padi dan bonggol jagung. Dari pengujian yang dilakukan terhadap kedua jenis bahan bakar tersebut diketahui bahwa tingkat konsumsi bahan bakar (FCR) dari tungku gasifikasi menggunakan sekam padi adalah 1,986 kg/jam dengan efisiensi tungku 16,7 % sedangkan dengan menggunakan bonggol jagung tingkat konsumsi bahan bakar adalah 3,1l2 kg/jam dengan efisiensi tungku 12,24 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:32
Last Modified: 06 Oct 2011 03:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14799

Actions (login required)

View Item View Item