Repository Universitas Andalas

RANCANG BANGUN MINIATUR PINTU PENGAMANAN BANK OTOMATIS BERBASIS PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL)

Zulfajri, Zulfajri (2008) RANCANG BANGUN MINIATUR PINTU PENGAMANAN BANK OTOMATIS BERBASIS PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN MINIATUR PINTU PENGAMANAN BANK OTOMATIS BERBASIS PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (466Kb) | Preview

Abstract

Bank adalah suatu tempat untuk menyimpan uang dan bisa juga sebagai tempat meminjam uang. Oleh karena di bank adalah tempat menyimpan uang dalam jumlah besar, ini menyebabkan bank menjadi salah satu incaran atau sasaran para pencuri untuk mengambil uang yang ada di dalam bank. Jika suatu bank dicuri, maka banyak orang yang akan dirugikan. Biasanya bank menggunakan sistem pengaman dengan menugaskan satpam atau polisi untuk menjaga bank tersebut dari para pencuri dan sistem penyimpanan uang di suatu ruangan yang dikunci rapat. Dengan pengaman seperti ini masih besar kemungkinan bank di curi, mungkin disebabkan ke lalaian penjaga, karena penjaga adalah orang mungkin saja terjadi kelengahan. Berdasarkan permasalahan diatas, dirancanglah sebuah modul simulasi sistem dengan menggunakan PLC (Programmable Logic Control). Modul simulasi pintu pengaman bank ini dibuat dengan menggunakan bahan akrilik untuk konstruksi, untuk pintu, kita menggunakan mekanik CD, sebagai tanda ada orang yang memasuki ruangan, kita menggunakan alarm dan kita menggunakan sensor LDR sebagai pendeteksi ada orang yang memasuki ruangan. Pada saat LDR mendeteksi ada orang yang memasuki ruangan, pada saat bersamaaan PLC akan menerima masukan untuk mengaktifkan relay menjalankan motor menutup pintu 1 dan pintu 2 secara bersamaan dan alarm akan berbunyi sebagai tanda ada orang yang memasuki ruangan dan telah terperangkap. Untuk membuka pintu dan mematikan alarm maka ditekan tombol reset maka pintu 1 akan membuka dan setelah pintu 1 terbuka maka pintu 2 akan terbuka dan alarm akan mati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:30
Last Modified: 11 Oct 2011 08:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14841

Actions (login required)

View Item View Item